Jangan Panik! 6 Hal Ini Umum Terjadi Pada Proses Persalinan

Menjalankan proses persalinan bukanlah satu hal yang mudah untuk dijalankan setiap wanita. Karena ketika proses persalinan, mungkin saja Anda akan kehilangan kontrol terhadap keadaan tubuh Anda, sehingga kerap kali Anda akan melakukan beberapa hal yang memang tidak menunjukkan diri Anda.

Nah, hal-hal buruk tersebut nantinya akan membuat dokter yang menangani Anda akan menyarankan agar pasien yang akan melahirkan untuk sering pergi ke kamar mandi.

Dan berikut ini, ada beberapa hal umum yang kerap kali terjadi pada proses persalinan normal atau bahkan persalinan secara caesar, yaitu sebagai berikut:

  1. Buang air besar

Penting untuk Anda ketahui, bahwa mendorong manusia keluar dari lubang vagina pastinya bukanlah satu hal yang mudah untuk di lakukan. Ketika Anda mencoba untuk mendorong janin keluar dari kandungan, maka umumnya hal tersbeut mampu menekan bagian usus, dengan begitu kemungkinan besar Anda akan buang air besar. Dan hal ini umum terjadi pada proses ibu melahirkan.

  1. Tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah

Keadaan tekanan darah Anda pastinya akan berfluktuasi ketika Anda tengah berbaring karena kesakitan ketika proses persalinan. Ada beberapa diantaranya kaum wanita yang memiliki tekanan darah tinggi, sementara beberapa diantaranya tidak sanggup merasakan sakit melahirkan sehingga bisa menyebabkan menurunnya tekanan darah. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk menjaga tekanan darah Anda dan membiarkan diri Anda untuk berada dalam kontrol.

  1. Buang air kecil

Bukan hanya buang air besar, banyak juga para wanita yang buang air kecil ketika proses persalinan. Dan hal ini merupakan salah satu dari banyak hal yang akan terjadi selama kelahiran anak.

  1. Buang angina

Hal lainnya yang akan terjadi ketika proses persalinan yaitu kentut. Karena ada beberapa wanita yang akan menghadapi masalah ini tepat setelah epidural diberikan.

  1. Melepaskan plasenta

Plasenta serta kantung ketuban sangat berguna dalam melindungi bayi ketika berada dalam kandungan. Dan ketika bayi hendak lahir, maka kantung inij juga akan dikeluarkan secara spontan. Dan bagian terburuk yang akan dialami oleh wanita ketika melahirkan yaitu melepaskan plasenta secara spontan atau bahkan mungkin saja akan memakan waktu selama satu jam.

  1. Mual

Sebagian diantaranya ada juga para wanita yang akan mengalami mual yang disertai dengan muntah selama masa transisi persalinan. Umumnya para wanita akan merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut, sehingga membuatnya merasa mual hingga muntah.

Nah, itulah beberapa hal buruk yang umum terjadi ketika Anda hendak melangsungkan proses persalinan. Betapa besarnya pengorbanan wanita untuk menjadi seorang ibu.

Jika Anda ingin mendapatkan proses persalinan normal tanpa adanya hambatan, maka sebisa mungkin Anda harus menjaga kesehatan kandungan Anda juga kesehatan tubuh Anda sendiri. Teruslah terapkan pola makan juga pola hidup yang sehat. Semoga sukses!

Related Posts

Share This