Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat biji alpukat mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Selama ini kebanyak orang hanya mengenal manfaat dan khasiat daging buahnya saja. Seperti yang kita ketahui bahwa alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung vitamin, mineral dan lemak sehat. Manfaatnya yaitu untuk memelihara kesehatan organ tubuh terutama jantung dan bisa menjaga berat badan ideal.

Buah alpukat mengandung 14 mineral dan 11 vitamin yang meliputi vitamin B2, vitamin B3, kalium, vitamin C, potassium dan lain sebagainya. Nah, dibalik daging buah yang kaya manfaat tersebut, ternyata biji buah alpukat juga memiliki khasiat yang tidak kalah penting untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata biji alpukat memiliki kandungan serat dan antioksidan yang sangat tinggi. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan

  • Kaya Serat

Biji alpukat kaya akan kandungan serat larut  yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa serat larut yang dikonsumsi secara rutin sangat berguna dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan memelihara kesehatan jantung.

  • Kaya Antioksidan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biji alpukat mengandung antioksidan tinggi jika dibandingkan dengan daging buahnya. Antioksidan pada biji alpukat memiliki manfaat yang luar biasa dalam menangkal semua jenis penyakit yang membahayakan tubuh.

  • Potassium

Potassium merupakan salah satu jenis nutrisi yang berperan penting dalam menstabilkan tekanan darah untuk kesehatan jantung. Namun ternyata kandungan potassium pada biji alpukat akan semakin berkurang seiring dengan proses pematangan buah tersebut. Maka dari itu bagi Anda yang ingin memperoleh manfaat potassium dari biji alpukat, pilihlah buah alpukat yang masih muda atau belum terlalu matang. Selain itu, manfaat biji alpukat juga ternyata bisa memelihara kesehatan tulang sehingga terhindar dari kerusakan.

Biji alpukat memang memiliki rasa yang tidak begitu enak sehingga untuk mengkonsumsinya Anda bisa mengkombinasikan dengan buah-buahan seperti nanas atau mangga. Pemanfaatannya yaitu dengan cara diolah menjadi campuran smoothies. Cara Pembuatannya yaitu dengan menghaluskan biji alpukat menggunakan blender. Kemudian campurkan kedalam smoothies.

Disamping itu, biji alpukat juga bisa dijadikan sebagai rempah untuk masakan. Cara pembuatannya sangat mudah yaitu biji alpukat dijemur kemudian dihaluskan menjadi serbuk. Anda juga bisa menggunakan serbuk tersebut untuk dijadikan teh dengan seduhan air hangat.

Nah, demikian khasiat dan cara pemanfaatan biji alpukat untuk kesehatan. Tidak ada salahnya bagi Anda penggemar buah alpukat untuk mencoba mengolah biji tersebut daripada terbuang sia-sia. Bahkan biji alpukat yang dihaluskan bisa dicampurkan kedalam jus buah alpukat untuk memperoleh manfaat yang double. Selamat mencoba, semoga bermanfaat! Salam Sehat!

Related Posts

Share This