Jangan Coba-coba Minum Kopi Saat Hamil! Inilah Bahaya Kopi Untuk Ibu Hamil

Dalam sebuah penelitian terbaru, para ahli mulai memperingati agar para wanita hamil bisa menghindari kopi untuk ibu hamil. Mengapa demikian? Karena dengan mengkonsumsi satu cangkir kopi dalam stau hari bisa membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Bahkan dalam jurnal BMC Medicine, kandungan kafein yang ada di dalam kopi mampu meningkatkan resiko terjadinya kelahiran bayi dengan berat badan yang jauh lebih rendah dari berat badan rata-rata, bahkan hal ini juga bisa menyebabkan kehamilan yang berkepanjangan.

Seperti dikutip dari Daily Express, bahwa para peneliti telah menyebutkan proses penelitian ini juga menyimpulkan bahwa setelah berhasil meneliti informasi dari sekitar 60.000 kehamilan selama lebih dari 10 tahun.

Para peneliti ini juga menemukan bahwa kandungan kafeisn yang ada pada kopi bagi ibu hamil ini bisa mengurangi berat badan bayi ketika mereka lahir, dan bayi yang lahir dari kandungan ibu yang hoby mengkonsumsi kopi akan kehilangan berat badan sekitar 21-28 gram per 100 mg kopi yang di konsumsi selama stau hari oleh ibu hamil.

Bahaya kopi untuk ibu hamil juga bisa meningkatkan risiko meningkatnya usia kehamilan yaitu lebih lama 5 jam per 100 mg kopi setiap harinya. Namun, banyak kasus yang terjadi dari seorang ibu hamil yang mengkonsumsi kopi, bahwa mereka akan mengalami penambahan usia kehamilan selama 8 jam untuk setiap 100 mg kopi setiap harinya yang di konsumsi selama kehamilan.

Nah, di bawah ini ada beberapa konsekuensi ketika seorang ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi kopi selama kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Lahir mati

Wanita hamil yang memiliki kegeraman mengkonsumsi kopi maka kemungkinan besar mereka akan melahirkan janin dalam keadaan mati, bahkan janin meninggal di dalam kandungan.

  1. Keguguran

Keguguran merupakan salah satu efek yang paling umum terjadi ketika ibu hamil memiliki kegemaran mengkonsumsi kopi, apalagi kopi yang di konsumsi dalam jumlah yang melebihi batas.

  1. Insomnia

Biasanya, bayi yang baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktu yang mereka miliki untuk tidur pada beberapa minggu pertama. Akan tetapi, jika selama kehamilan ibu mengkonsumsi kopi lebih dari 500 mg kafein, maka kemungkinan besar ketika bayi lahir bayi tersebut akan lebih cenderung menghabiskan waktunya berjam-jam untuk tetap terjaga setelah mereka di lahirkan.

  1. Detak jantung

Ketika wanita atau ibu hamil mengkonsumsi kopi, maka kandungan kafein yang berada di dalamnya akan melintasi plasenta serta masuk menyerap kedalam tubuh si kecil. Ketika itu, keadaan jantung bayi secara perlahan akan memetabolisme kandungan kafein yang masuk tersebut. Dan akibatnya, ketika bayi lahir, maka mereka akan memiliki detak jantung yang cepat.

  1. Gangguan perkembangan

Wanita hamil yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga sangat rentan terhadap kelahiran bayi yang memiliki masalah perkembangan atau dalam kata lain cacat. Karena ketika ibu hamil gemar mengkonsumsi kopi, maka perkembangan janin yang ada di dalam kandungan akan terganggu.

Related Posts

Share This