Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Akibat Kebiasaan Gigit Kuku

Gigit kuku terkadang menjadi salah satu kebiasaan seseorang yang tanpa disadari. Ketika sedang bingung, gelisah atau tidak ada aktivitas seringkali hal ini menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Sepintas kebiasaan ini adalah hal yang wajar untuk dilakukan, namun jika ditelisik lebih jauh lagi ternyata kebiasaan ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Banyak orang yang tidak menyadari akan bahaya dari kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku dikatakan berbahaya karena seperti yang kita ketahui bahwa kuku adalah salah satu bagian tubuh yang seringkali menjadi sarang kuman atau bakteri. Sayangnya banyak yang tidak mengetahui hal tersebut sehingga seringkali hal ini menjadi salah satu kebiasaan yang lumrah untuk dilakukan.

Berikut Ini Bahaya Akibat Kebiasaan Gigit Kuku

Rentan Terserang Infeksi Kuman

Orang yang memiliki kebiasaan gigit kuku sangat berisiko terkena infeksi kuman dan bakteri. Walaupun Anda yakin tangan Anda bersih dan sering mencuci tangan, tetap saja kebiasaan gigit kuku tidak baik untuk kesehatan. Kuman yang bersembunyi di kuku tidak sepenuhnya bisa bersih ketika Anda cuci tangan.

Akibat yang ditimbulkan oleh kebiasaan gigit kuku adalah infeksi bakteri yang menyebabkan diare atau radang tenggorokan. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Kuman dari kuku yang masuk kedalam tubuh sangat berisiko terhadap kesehatan tubuh dan memicu berbagai penyakit yang ringan hingga berat.

Infeksi Pada Kuku

Bahaya kebiasaan menggigit kuku yang selanjutnya yaitu infeksi pada kuku atau yang dikenal dengan istilah paronychia. Infeksi ini diakibatkan oleh bakteri dan kuman yang menyerang bagian sekitar kuku akibat ada yang terluka atau terkelupas saat menggigit kuku. Sebaiknya kebiasaan gigit kuku dihentikan Karen sangat berisiko untuk kesehatan jangka panjang.

Kuku Berisiko Tumbuh Ke Bawah

Akibat kebiasaan menggigit kuku maka kulit disekitar kuku bisa berubah sehingga hal ini mengakibatkan kuku tumbuh ke bawah. Jika hal ini terjadi maka akan terasa sangat menyakitkan dan bahkan struktur kuku bisa berubah. Menggigit kuku terlihat sepele namun bahayanya jangan pernah diabaikan.

Mengubah Struktur Gigi

Perlu Anda ketahui bahwa gigi dirancang untuk mengunyah makanan. Jika Anda menggunakannya untuk menggigit kuku yang keras maka bisa merubah struktur gigi secara perlahan. Bahkan akibat kebiasaan ini bisa menyebabkan gigi bergeser keluar dari tempat yang seharusnya. Kondisi ini juga berpotensi menyebabkan infeksi pada gusi.

Berisiko Keracunan

Jika Anda mengecat kuku dan memiliki kebiasaan gigit kuku maka sangat berbahaya dan berisiko keracunan sangat besar. Cat kuku memiliki kandungan yang berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan mual, muntah, pusing dan gejala keracunan lainnya.

Nah, demikian beberapa bahaya dari kebiasan gigit kuku. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tersebut maka sebaiknya berhenti mulai saat ini juga. Jangan mengabaikan bahaya akibat kebiasaan gigit kuku karena hal ini bisa berkemmbang menjadi masalah kesehatan yang sangat serius dalam jangka panjang.

Meskipun bahayanya tidak secara langsung dalam jangka waktu pendek namun risiko dari masalah kesehatan akibat kebiasaan gigit kuku ini bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama dan secara perlahan. Kondisi ini tentunya harus menjadi perhatian yang serius sebelum akhirnya Anda terkena masalah kesehatan yang serius. Jangan abaikan dan jangan biarkan semua itu terjadi! Semoga ulasan artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat.

Related Posts

Share This