Jangan Abaikan! Inilah Beberapa Manfaat Beras Ketan

Pada umumnya beras ketan jarang sekali dikonsumsi sebagai makanan pokok seperti halnya beras putih biasa. Beras ketan biasanya diolah menjadi penganan yang bervariasi. Beras ketan memiliki tekstur yang lebih lengket jika masak. Manfaat beras ketan ternyata sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu sebagai sumber energi alami dan mencegah resiko penyakit jantung.

Beras ketan bisa Anda konsumsi seperti halnya nasi pada umumnya, ataupun bisa juga diolah menjadi camilan yang sehat dan bergizi. Hal ini tergantung bagaimana kreativitas Anda untuk mengolah bahan makanan tersebut. Yang terpenting adalah harus memperhatikan cara pengolahan yang benar sehingga tidak akan merusak kandungan nutrisi pada beras ketan.

Kandungan nutrisi pada beras ketan diantaranya yaitu kalori, rendah lemak, protein, vitamin dan berbagai sumber mineral penting yang berguna untuk tubuh. Bahkan beras ketan mengandung vitamin A dan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan untuk mencegah berbagai macam penyakit yang mungkin membahayakan Anda.

Nah, Inilah Manfaat Beras Ketan

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Beras ketan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Adapun manfaatnya yaitu untuk memperlancar pencernaan dan memelihara kesehatan jantung. Mengkonsumsi beras ketan memiliki dampak positif untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Sumber Energi

Dalam secangkir beras ketan mengandung 169 kalori atau bisa dikatakan sekitar 8% dari asupan kalori yang direkomendasikan. Disamping itu, dalam secangkir beras ketan mengandung 4% niacin, tiamin yang berguna sebagai sumber energi untuk membantu proses metabolisme tubuh.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Beras ketan mengandung mineral penting seperti selenium yang bermanfaat sebagai antioksidan tubuh. Nutrisi tersebut berguna untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan serta membantu meningkatkan sistem/daya tahan tubuh.

  1. Menjaga Sistem Metabolisme

Kandungan mangan pada beras ketan berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh supaya tetap sehat dan normal. Disamping itu, kandungan vitamin B6 berguna untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Nutrisi tersebut akan berkontribusi dalam membantu pembentukan sel-sel darah merah.

  1. Mengatur Aktivitas Dari Hormon Tiroid

Selenium pada beras ketan berfungsi untuk mengatur aktivitas hormone tiroid dan berperan penting dalam membantu kinerja pembuluh darah sehingga berfungsi dengan baik. Didalam secangkir beras ketan mengandung sekitar 9.7% selenium sehingga bisa mencukupi setengah dari rekomendasi yaitu 18%.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Beras ketan mengandung sejumlah protein dan mangan. Nutrisi tersebut memiliki peranan yang sangat luar biasa dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi beras ketan maka sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tulang.

  • Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Adanya kandungan vitamin B6 pada beras hitam akan sangat berguna sebagai neurotransmitter serotonin. Hal ini berguna untuk mengatur pola dan nafsu makan Anda setiap harinya. Pola makan teratur akan membuat Anda senantiasa sehat dan terhindar dari obesitas.

Related Posts

Share This