Jambu Biji Untuk Ibu Hamil, Inilah Manfaat dan Bahayanya!

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis. Jambu biji merah adalah varietas yang paling banyak dibudidayakan dan dikonsumsi oleh masyarakat di negri ini. Jambu biji bisa dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi minuman segar seperti jus.

Jambu biji memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Disamping itu manfaat jambu biji untuk ibu hamil ternyata sangat luar biasa. Kandungan vitamin dan mineral pada jambu biji berguna untuk menunjang perkembangan janin dan menjaga stamina ibu hamil.

Mengingat kandungan nutrisi pada jambu biji sangat banyak, maka pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai manfaat jambu biji merah untuk ibu hamil dan efek sampingnya. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya!

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Ibu Hamil

Dari beberapa riset dan analisis ahli gizi menemukan bahwa jambu biji merah mengandung nutrisi dalam jumlah yang cukup tinggi yang meliputi vitamin, kalsium, serat dan nutrisi penting lainnya. Berikut ini manfaat jambu biji merah untuk ibu hamil:

  1. Mengkonsumsi jambu biji pada waktu hamil akan membantu menekan resiko penyakit diabetes gestational. Hal ini karena jambu biji mengandung gula alami yang lebih mudah untuk di cerna oleh tubuh.
  2. Jambu biji merah mengandung zat besi yang berguna untuk mencegah penyakit anemia pada ibu hamil. Zat besi berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin.
  3. Manfaat selanjutnya yaitu untuk menjaga keseimbangan tekanan darah pada ibu hamil. Perlu Anda ketahui bahwa darah tinggi sangat beresiko terhadap kehamilan dan bisa menyebabkan keguguran.
  4. Jambu biji mengandung antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, karotenoid, isoflavonoid, vitamin E dan polifenol yang berguna untuk meningkatkan sistem imun ibu hamil dan juga janin.
  5. Mencegah gangguan pencernaan pada ibu hamil karena jambu biji memilki zat yang menstimulasi pergerakan usus supaya tetap normal.
  6. Kandungan asam askorbat dan vitamin C pada jambu biji sangat efektif untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
  7. Kalsium pada jambu biji berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada ibu hamil. Kalsium juga dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang dan gigi janin.
  8. Serat pada jambu biji terbukti ampuh untuk mencegah penyakit wasir dan sembelit pada ibu hamil.

Efek Samping Jambu Biji Pada Ibu Hamil

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, jambu biji memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Apa saja efek samping jambu biji? Berikut penjelasannya!

  1. Menyebabkan gigi berlubang atau sakit gigi jika dikonsumsi terlalu banyak dengan bijinya.
  2. Menyebabkan resiko diare pada ibu hamil ataupun sembelit. Biasanya jika jambu biji dikonsumsi terlalu banyak dengan bijinya akan menyebabkan sistem pencernaan terganggu (sembelit) sehingga beresiko menyebabkan iritasi.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai manfaat dan efek samping jambu biji bagi ibu hamil. Semoga ulasan yang penulis sajikan menjadi referensi yang bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517