Jagung Sebagai Sumber Karbohidrat Yang Mengandung Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat sebagai makanan pokok pengganti nasi. Selain itu, biasanya jagung dikonsumsi dengan cara diolah menjadi berbagai macam cemilan atau dinikmati dengan cara direbus dan dibakar. Tahukah Anda dibalik rasanya yang enak ternyata jagung mengandung berbagai macam manfaat untuk kesehatan. jagung adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung asam linoleat, asam fenolik, asam folat, vitamin, mineral, serat dan beta karoten.

Jagung Sebagai Sumber Karbohidrat Yang Mengandung Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Mencegah penyakit diabetes

Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat yang mengandung fitokimia yang berguna untuk mengatur pelepasan dan penyerapan hormon insulin di dalam tubuh. Kadar hormon insulin yang seimbang akan mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Mencegah penyakit anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit akibat kekurangan darah. Orang yang terkena anemia biasanya akan mengalami gejala seperti pusing, lemas atau letih. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia, mengkonsumsi jagung bisa menjadi salah satu solusinya. Jagung memiliki kandungan asam folat dan vitamin B yang berguna untuk mencegah penyakit anemia.

Menjaga kesehatan tulang

Jagung memilki kandungan magnesium, posfor dan tembaga yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Jenis nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang untuk menunjang penyerapan kalsium dan memperkuat tulang.

Melancarkan sistem pencernaan

Jagung mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat pada jagung berguna untuk membantu melncarkan sistem pencernaan. Rutin mengkonsumsi jagung dapat mencegah penyakit wasir, sembelit dan kanker usus besar. Selain itu, jagung juga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Jagung bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan asam folat selama proses kehamilan. Jagung adalah salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah bayi terlahir cacat. Selain itu, jagung juga bisa menjadi salah satu alternative bagi ibu hamil untuk menambah energi selama menjalani masa kehamilan.

Mencegah penyakit kanker

Jagung memiliki kandungan asam fenolik yang bersifat anti kanker. Kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk mencegah kanker hati dan kanker payudara. Selain itu, kandungan antioksidan pada jagung bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dann mencegah berbagai macam penyakit seperti tumor dan kanker.

Menurunkan asam urat

Manfaat jagung yang selanjutnya yaitu untuk menurunkan asam urat. Jagung memilki kandungan nutrisi seperti kalium yang berperan sebagai elektrolit untuk mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain itu, kalium merupakan salah satu zat yang bersifat diuretik yang berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih, membantu melancarkan pembuangan air seni, mencegah penyakit batu ginjal dan menurunkan asam urat.

Menurunkan kolesterol

Seperti yang kita ketahui kalau kolesterol merupakan salah satu lemak jahat yang bisa meghambat aliran darah sehingga menjadi pemicu penyakit jantung. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi jagung. Kandungan bioflavonoid, karotenoid dan vitamin C yang terdapat pada jagung berguna untuk meningkatkan aliran darah dan menurunkan kadar kolesterol sehingga menjaga jantung tetap sehat.

Related Posts

Share This