Istirahat Yang Cukup Untuk Hindari Persalinan Caesar

Keluhan yang seringkali dialami oleh kebanyakan wanita saat hamil yaitu sulit tidur pada malam hari. Faktor penyebabnya sangat beragam tergantung usia kehamilan. Contohnya seperti gejala mual dan muntah. Selain itu, ketika usia kehamilan sudah semakin besar maka ibu hamil kesulitan untuk menemukan posisi yang tepat sehingga waktu tidur pada malam hariĀ  seringkali terganggu. Pentingnya waktu istirahat yang cukup selama hamil ternyata bisa menghindarkan proses persalinan caesar.

Kekurangan waktu istirahat pada hamil memiliki resiko yang sangat fatal dan bisa menyebabkan preeklampsia. Seperti yang kita ketahui bahwa preklampsia tergolong salah satu bahaya kehamilan yang menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga mengakibatkan kelahiran secara prematur. Kondisi ini lebih tepatnya dialami oleh ibu hamil dengan waktu tidur kurang dari 6 jam setiap malam.

Kebutuhan waktu istirahat bagi ibu hamil memang sangat penting. Adapun manfaat istirahat yang cukup selama menjalani masa kehamilan yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh dari bahaya serangan penyakit yang mengancam tumbuh kembang janin.
  2. Meningkatkan konsentrasi dan kebugaran fisik ibu hamil.
  3. Meregenerasi sel-sel di dalam tubuh yang mengalami kerusakan sehingga bisa kembali berfungsi dengan baik.
  4. Memperlancar produksi hormone untuk kebutuhan janin dan tubuh ibu hamil.
  5. Mengatasi tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas.

Pada waktu hamil, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu istirahat guna mengumpulkan energi. Ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan aktivitas jika kondisi tubuh dirasa mulai lelah. Berbaringlah di tempat tidur jika kondisi tubuh mulai lelah untuk merilekasasi otot dan pikiran. Maka dari itu ibu hamil harus bisa menyeimbangkan waktu istirahat pada malam dan siang hari.

Penuhi kebutuhan tidur malam sekitar 7 atau 8 jam untuk guna menjaga kesehatan dan mengoptimalkan perkembangan janin. Jika tidur malam tercukupi maka ketika bangun di pagi hari Anda akan senantiasa lebih bugar. Nah, hal inilah yang menjadi alasan bahwa tidur malam bisa menghindarkan ibu hamil dari operasi caesar ketika menjalani persalinan.

Bagi Anda yang kerap kali mengalami kesulitan tidur malam, berikut ini ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan:

  • Konsumsi minuman hangat sebelum tidur. Contohnya minum segelas cokelat panas ataupun susu. Namun jangan pernah mengkonsumsi kopi karena akan memperburuk kualitas tidur Anda.
  • Apabila perlu maka Anda bisa mandi air hangat sebelum tidur untuk merileksasikan otot-otot tubuh.
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu pergi ke kamar tidur lebih awal dan cobalah untuk bersantai diatas tempat tidur sambil membaca buku dan mendengarkan musik dengan alunan nada yang lembut. Hindari menonton tv karena justru akan membuat Anda terus terjaga.
  • Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin karena biasanya penyebab susah tidur salah sattunya akibat posisi tidur yang kurang tepat.

Tidur yang berkualitas akan membuat Anda senantiasa merasa nyaman dalam menjalani hari-hari selama kehamilan. Dengan begitu maka proses persalinan normal bisa Anda jalani tanpa ada gangguan sedikitpun.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517