IQ Janin Terganggu Karena Ibu Hamil Mengkonsumsi Kopi?

Sampai saat ini, efek baik atau buruknya dari kandungan kafein yang terdapat pada beberapa jenis makanan terkait dengan perkembangan bayi atau janin yang ada di dalam kandungan masih terus di perdebatkan. Akan tetapi untuk Anda para pecinta kopi, mungkin saja kabar ini membawa sebuah angina segar bagi Anda.

Karena, berdasarkan hasil dari sebuah study yang memang telah berhasil diterbitkan pada jurnal yang berjudul American Journal of Epidemiology pada tanggal18 November yang lalu, menyebutkan bahwa satu cangkir kopi dalam satu hari tidak akan memberikan efek buruk atau efek negative terhadap tumbuh kembang bayi atau bahkan janin yang ada di dalam kandungan.

Bahkan, penelitian tersebut juga menjelaskan, mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein dengan jumlah yang tidak berlebih selama masa kehamilan patsinya tidak akan terkait dengan resiko kesehatan si bayi, sampai si kecil menjadi orang dewasa nantinya. Termasuk, kafein tidak akan memberikan pengaruh yang serius terhadap tinggi atau bahkan rendahnya IQ yang dimiliki anak-anak nantinya ketika ia di lahirkan.

Guna memperoleh sebuah kesimpulan yang akurat, akhirnya para peneliti memutuskan untuk melibatkan sekitar 2.200 kaum wanita yang berada di sekitaran Negara Amerika Serikat yang memang sering mengkonsumsi kopi selama mereka menjalankan masa kehamilannya. Termasuk para wnita hamil yang menjalankan kehamilannya di tahun 1959 juga tahun 1974, yang mana dilakukan dengan menggunakan data yang dimiliki oleh tim peneliti dari Nationwide Children’s Hospital in Columbus, Ohio. Dimana di tahun tersebut, mengkonsumsi kopi memang sudah menjadi salah satu kebiasaan harian seluruh masyarakat yang berada di sekitarnya.

Setelah itu, akhirnya tim peneliti juga menilai tingkat IQ serta perilaku anak-anak yang dilahirkan dari kauam wanita yang korepsonden. Dan hasilnya cukup mengejutkan, karena para ahli tidak berhasil menemukan bukti yang akurat, bahwa dengan mengkonsumsi kafein selama menjalankan masa kehamilan bisa memberikan efek yang buruk terhadap anak-anak, termasuk efek terhadap kecerdasar IQ mereka.

Dari hasil penelitian di waktu sebelumnya, beberapa tim peneliti juga menemukan kenyataan bahwa dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein selama menjalankan masa kehamilan juga tidak berkaitan dengan resiko obesitas yang kerap kali di alami oleh si kecil..

“Secara keseluruhan, kami mempertimbangkan hasil studi kami dan meyakinkan para ibu hamil bahwa mengonsumsi kafein secara wajar atau setara dengan satu cangkir kopi per hari tidak menimbulkan efek berbahaya pada perkembangan IQ anak-anak mereka kelak,” ungkap Dr Mark Klebanoff, peneliti utama dari Center for Perinatal Research at Nationwide’s Research Institute yang di kutip dari health.kompas (27/11/2015).

Akan tetapi, para ahli juga tetap menganjurkan agar ibu hamil tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan guna menghindari efek yang buruk terhadap kehamilan yang memang bisa beresiko tinggi.

Maka dari itu, jika Anda termasuk pecinta kopi, maka Anda masih bisa mengkonsumsi kopi walau Anda tengah menjalankan masa kehamilan Anda. Dengan catatan Anda mengkonsumsinya dengan jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Karena jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak, maka hal tersebut bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan Anda janin yang ada di dalam kandungan.

Dan sebaiknya, Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda, sebelum Anda memutuskan suatu hal. Karena hal ini penting Anda lakukan guna menjaga kesehatan Anda juga janin dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517