Inilah Vitamin Untuk Wanita Yang Harus Dikonsumsi

Kebutuhan nutrisi untuk pria dan wanita memang sedikit berbeda. Hal ini karena wanita mengalami beberapa fase yang tidak terjadi pada pria. Contohnya yaitu wanita mengalami fase menstruasi, kehamilan, melahirkan dan juga menyusui. Semua proses tersebut tentunya membutuhkan asupan nutrisiĀ  yang lebih banyak supaya berjalan lancar dan normal.

Kita ambil salah satu contohnya yaitu dalam menjalani masa kehamilan yang membutuhkan nutrisi khusus. Pada fase ini seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi seperti asam folat. Yang mana jenis nutrisi tersebut termasuk kategori nutrisi yang sangat wajib bagi ibu hamil. Bahkan meskipun tidak dalam keadaan hamil, asam folat sangat dianjurkan bagi wanita.

Pentingnya konsumsi asam folat bagi wanita yaitu guna mempersiapkan rahim yang sehat jika sewaktu-waktu hamil. Asam folat atau kelompok vitamin B ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi perkembangan otak dan juga tulang belakang pada janin ketika didalam kandungan.

Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh setiap wanita pada awal kehamilan. Hal ini karena pada tahap awal kehamilan merupakan waktu pembentukan janin sehingga jika kekurangan nutrisi maka sangat beresiko terhadap kecacatan. Adanya cacat janin atau keguguran merupakan dampak yang sangat fatal dari kekurangan asam folat.

Folat bisa ditemukan didalam jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Biasanya sayuran yang berwarna hijau. Selain itu juga bisa ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Semua jenis makanan itu sangat mudah diperoleh bukan? Hanya saja seringkali banyak yang tidak menyadari dan mengabaikannya.

Mungkin kebutuhan asam folat tidak sepenuhnya Anda peroleh dari asupan makanan sehari-hari sehingga solusinya bisa dengan konsumsi vitamin maupun multivitamin. Namun konsumsi multivitamin dalam bentuk kapsul tidak dianjurkan untuk selalu dikonsumsi setiap saat. Hanya boleh digunakan sebagai pendamping saja. Yang menjadi prioritas tetap saja bersumber dari makanan alami.

Wanita yang mencukupi kebutuhan asam folat sehari-hari sebelum atau dalam masa kehamilan maka akan senantiasa terhindar dari resiko bayi cacat tabung saraf, cacat otak, cacat lahir dan juga kerusakan pada tulang belakang.

Mengkonsumsi sekitar 0,4 miligram asam folat setiap hari bisa membantu mencegah risiko 70% cacat pada janin selama kehamilan. Selain itu, menurut hasil riset menunjukan bahwa konsumsi asam folat akan menghindarkan dari risiko obesitas pada anak di masa mendatang.

Asam folat juga dibutuhkan oleh tubuh guna memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan untuk membentuk sel-sel baru. Bagi Anda yang berencana untuk hamil dan sedang hamil maka konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam folat. Jangan sesekali mengabaikan pentingnya nutrisi tersebut.

Jika Anda rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat pada waktu hamil maka hal ini sangat membantu perkembangan janin. Jangan ragu dan jangan mengabaikan akan pentingnya konsumsi asam folat bagi wanita.

Jenis makanan yang mengandung asam folat sangat mudah kita temui disekitar kita seperti bayam, bit, asparagus, jagung dan jenis sayuran lainnya. Dari kelompok buah-buahan yaitu bisa ditemui pada jeruk, pisang, alpukat, melon, stroberi dan lainnya.

Bahkan kentang dan ubi-ubian juga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi untuk kebutuhan Anda sebagai wanita. Dalam hal ini tinggal bagaimana kita memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut guna menunjang kesehatan tubuh dan menunjang keberlangsungan tumbuh kembang janin jika sedang hamil. Semoga bermanfaat bagi Anda para wanita dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian dari asam folat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517