Inilah Tips Untuk Mengatasi Sakit Pinggang Saat hamil Muda

Sakit pinggang saat hamil muda merupakan keluhan yang paling umum terjadi. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan yang mengakibatkan otot rahim meregang. Selain itu, otot-otot disekitar paha, perut dan tulang punggung akan ikut meregang sehingga hal ini membuat ibu hamil sering merasakan sakit pada bagian pinggang.

Pinggang sakit saat hamil muda merupakan hal yang wajar dan normal, namun kondisi ini akan mengganggu kenyamanan ibu  hamil dalam beraktivitas. Maka dari itu perlu dilakukan penanganan dengan cara yang tepat supaya ibu hamil bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa mengeluh sakit pada salah satu anggota badannya.

Dibawah Ini Beberapa Tips Untuk Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

  • Hindari posisi berdiri terlalu lama

Berdiri terlalu lama pada waktu hamil sangat rentan mengakibatkan sakit pinggang. Hal ini karena berat badan dan janin di dalam kandungan akan memberikan tumpuan sehingga otot-otot meregang. Selain itu, kebiasaan berdiri terlalu lama bisa mengganggu keseimbangan perkembangan janin. Ibu hamil sebaiknya lebih banyak istirahat bersandar ataupun berbaring.

  • Posisikan berdiri dengan tepat

Ketika Anda sedang berdiri, usahakan untuk menggunakan posisi yang tepat supaya tidak menyebabkan otot pada bagian pinggang meregang. Jangan melengkungkan badan, akan tetapi gunakan posisi berdiri tegak. Dengan begitu akan meminimalisir resiko sakit pada pinggang.

  • Posisi duduk

Mengatasi sakit pinggang saat hamil yang selanjutnya yaitu dengan mengatur posisi duduk yang tepat. Ketika Anda duduk usahakan posisi pinggang tegak sejajar dengan posisi kursi. Hindari mencondongkan badan.

  • Relaksasi

Lakukan teknik relaksasi ringan untuk meredakan sakit pinggang. Caranya sangat mudah yaitu dengan menarik napas panjang secara perlahan, kemudian hembuskan secara perlahan. Lakukan secara berulang. Meskipun terlihat sederhana namun cara ini sangat ampuh untuk membantu meredakan sakit pinggang.

  • Senam hamil

Jika memungkinkan, Anda bisa mengikuti senam hamil pada kelas yoga. Pilihlah latihan yang sesuai dengan usia  kehamilan Anda dan mintalah bimbingan dari instruktur senam. Latihan senam bisa membuat Anda merasa lebih nyaman dan membantu mengatasi sakit pinggang.

  • Hindari aktivitas yang melelahkan

Pada waktu hamil tidak disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat karena bisa membahayakan kesehatan dan perkembangan janin. Aktivitas yang menuntut badan untuk membungkuk sebaiknya dihindari karena bisa memicu sakit pinggang.

Selain beberapa cara diatas, untuk mencegah sakit pinggang, konsumsilah makanan bergizi khusus ibu hamil. Hal ini untuk memperkuat otot-otot seiring dengan perkembangan janin di dalam kandungan. Penuhi asupan cairan selama menjalani masa kehamilan untuk mencegah dehidrasi dan menyebabkan terjadinya peregangan pada otot. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517