Inilah Tips Mencegah Kanker Payudara Dengan Melakukan Kebiasaan Baik

Kanker payudara menjadi salah satu momok menakutkan bagi kaum perempuan. Penyakit yang satu ini tergolong penyakit mematikan yang mengancam. Namun meskipun begitu, penyakit yang satu ini bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat dan kebiasaan baik. Tips mencegah kanker payudara dengan melakukan kebiasaan baik akan menjadi bahasan yang akan penulis sajikan kali ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan peribahasa yang benar adanya. Pengobatan untuk penyakit kanker payudara tentunya kterbilang sangat susah dan bahkan kadang tidak bisa disembuhkan. Begitupun dengan biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Menjaga pola makan dan rutin berolahraga menjadi salah satu kunci untuk mencegah kanker payudara.

Berikut Aktivitas Sehat Mencegah Kanker Payudara

Mengkonsumsi Minyak Zaitun

Lemak sehat adalah salah satu komponen yang ampuh untuk kesehatan tubuh. Lemak jahat memiliki fungsi untuk mencegah radikal bebas yang merupakan pemicu timbulnya sel-sel kanker. Nah, kandungan lemak baik tersebut bisa Anda peroleh dari minyak zaitun.

Sayuran

Sayuran adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk tubuh. Meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak, sayuran tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan karena memiliki kandungan serat cukup tinggi. Selain itu, kandungan antioksidan pada sayuran hijau sangat tinggi. Manfaatnya yaitu untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sajikan selalu sayuran dalam setiap menu harian Anda.

Periksa Payudara Secara Rutin

Kanker payudara biasanya terdeteksi ketika memasuki stadium yang lebih parah. Hal ini karena kurangnya perhatian dan jarang memeriksakan payudara. Pada gejala awal mungkin Anda tidak akan merasakan kelainan pada payudara. Nah, untuk menjcegah pertumbuhan kanker payudara, biasakan untuk memeriksakan payudara secara rutin minimal 3 bulan sekali. Aktivitas ini mungkin terlihat sepele namun memberikan manfaat yang luar biasa sebagai upaya pencegahan.

Hindari Paraben

Paraben termasuk senyawa berbahaya dan memiliki sifat menyerupai hormone di dalam tubuh. Jika senyawa ini masuk ke dalam tubuh maka akan terjadi ketidakseimbangan hormone yang bisa memlicu pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara. Maka dari itu, hinari penggunaan make-up yang mengandung paraben tersebut.

Rutin Jalan Kaki

Menurut sebuah riset membuktikan bahwa rajin jalan kaki sangat berguna untuk kesehatan, terutama sebagai upaya untuk mencegah kanker payudara. Nah, oleh karena itu, lakukan kegiatan sederhana ini secara rutin setiap harinya minimal 20 menit per hari.

Pencegah kanker payudara menjadi perhatian penting untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap bulan sebaiknya Anda lakukan. Perhatikan konsumsi makanan yang bergizi dan jauhi kebiasaaan buruk yang memperbesar kemungkinan timbulnya kanker payudara. Menghindari timbulnya kanker payudara adalah tindakan bijak yang harus Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This