Inilah Tips Liburan dan Mengajak Si Kecil Jalan-jalan

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang kapan waktu yang tepat untuk mengajak si kecil melakukan perjalan jauh? Nah, salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengajak si kecil jalan-jalan dengan jarak tempuh yang cukup jauh yaitu faktor kesehatan. Pastikan si kecil dalam kondisi fit dan bila perlu lakukan pemeriksaan dulu ke dokter. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama dan setelah perjalanan jauh.

Pada dasarnya bayi mulai bisa diajak untuk jalan-jalan minimal setelah berusia 1 bulan atau lebih dari itu yaitu sekitar 40 hari. Namun dalam hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan bagi Anda. Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak bayi yang beru lahir untuk pergi jauh.

Selain faktor kesehatan, Anda juga harus bisa memprediksi faktor cuaca. Hindari melakukan perjalanan di musim hujan karena rentan menyebabkan gangguan penyaklit pada bayi. Adapun tips lain untuk mengajak si kecil jalan-jalan yaitu sebagai berikut!

Tips Mengajak Si Kecil Jalan-jalan

  • Perhatikan waktu

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajak si kecil jalan-jalan yaitu waktu. Dalam hal ini Anda harus tahu waktu mengingat kondisi bayi belum sepenuhnya memiliki daya tahan tubuh yang sempurna. Dalam hal ini bayi rentan kelelahan sehingga Anda tidak boleh terlalu lama. Cukup sampai 2 atau 3 jam saja.

  • Rencana cadangan

Kita tidak tahu dengan apa yang akan terjadi ketika merencanakan untuk jalan-jalan dengan si kecil. bisa saja terjadi macet, hujan atau bahkan kondisi lainnya. Nah, mengantisipasi hal tersebut sebaiknya Anda memiliki rencana cadangan sehingga bisa cepat tanggap menyikapi kondisi yang tidak diinginkan.

  • Satu tempat

Rencana untuk mengajak si kecil sebaiknya satu tempat saja, jangan terlalu berpindah-pindah tempat karena rentan menyebabkan kelelahan. Tentukan tempat tujuan hanya pada satu tempat saja sehingga tidak mengharuskan bayi untuk beradaptasi dengan banyak hal.

  • Kenali tempat tujuan

Mengenali tempat tujuan dengan baik akan melancarkan acara jalan-jalan Anda dengan si kecil. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menyusui bayi ataupun mengganti popok.

  • Hindari tempat terlalu ramai

Tempat yang terlalu ramai sangat rentan terhadap kesehatan si kecil. Hal ini karena sistem imun si kecil masih cukup lemah. Maka dari itu pilihlah tempat yang tidak terlalu ramai sehingga si kecil merasa lebih nyaman.

  • Hindari tempat terlalu panas

Kulit bayi secara umum masih sangat sensitif sehingga dalam hal ini sebaiknya Anda menghindari tempat yang terlalu panas ketika jalan-jalan dengan si kecil. Hindari paparan sinar matahari langsung setelah jam 8 pagi karena beresiko iritasi pada kulit bayi.

  • Persiapan lengkap

Inilah yang paling penting yang harus diperhatikan. Pastikan semua peralatan dan kebutuhan si kecil lengkap dan tidak ada yang ketinggalan. Baik itu makanan, pakaian dan kelengkapan lainnya. Dengan begitu maka liburan Anda akan terasa lebih menyenangkan dan si kecil akan merasa nyaman dan tidak rewel.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengajak si kecil jalan-jalan. Mengajak si kecil jalan-jalan tentunya sangat bermanfaat untuk mengenalkan keindahan alam sehingga menstimulus tumbuh kembangnya. Semoga bermnafaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517