Inilah Tips Kehamilan 11 Minggu Untuk Anda Ketahui!

Tips kehamilan 11 minggu. Memasuki usia ini janin didalam kandungan berkembang dengan sangat pesat. Pada usia ini merupakan periode dan pengalaman yang menyenangkan sebab keluhan yang dirasakan sebelumnya akan perlahan hilang sehingga lebih nyaman menjalani kehamilan. Bahkan nafsu makan akan kembali normal karena mual dan muntah sudah perlahan berkurang atau bahkan hilang.

Usia kehamilan 11 minggu, panjang janin sudah mencapai 6,5 cm. Selain itu, kuku pada jari kaki mulai tumbuh, begitupun dengan rambut.Bahkan organ mata dan kelamin bagian luar sudah terbentuk. Dengan kata lain bahwa organ janin sudah terbentuk dan berfungsi dengan baik.

Janin 11 minggu kehamilan sudah menunjukan pergerakan tangan dan kaki. Janin menunduk, menggeliat ataupun meluruskan badan. Bahkan janin sudah ada yang bisa mengubah posisi dengan cara berputar sehingga akan bisa dirasakan oleh ibu hamil dengan jelas.

Perubahan pada tubuh ibu hamil yaitu kondisi perut yang semakin membesar  dan berat badan mengalami peningkatan. Adapun gejala lain akibat perubahan hormone menyebabkan produksi minyak mengalami peningkatan sehingga tidak jarang akan menyebabkan timbulnya jerawat pada ibu hamil. Keluhan ini mungkin hanya bersifat sementara dan akan perlahan hilang dengan sendirinya, namun tetap saja harus diatasi dengan tepat supaya tidak mengganggu kenyamanan Anda.

Ibu hami di usia kehamilan ini cenderung akan lebih mudah mengantuk. Hal ini karena terjadi peningkatan produksi hormone progesterone. Namun Anda jangan khawatir, yang terpenting cukupi waktu istirahat supaya kesehatan Anda tidak terganggu.

Mengantisipasi pertumbuhan janin yang semakin pesat maka Anda harus memperhatikan asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pemenuhan nutrisi menjadi faktor penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan menjaga kebugaran tubuh ibu hamil yang harus bekerja keras dalam memproduksi hormone pertumbuhan.

Tips Menghadapi Kehamilan 11 Minggu

  1. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran untuk melengkapi kebutuhan vitamin, mineral, asam folat dan nutrisi lainnya.
  2. Konsumsi juga ikan, susu dan daging untuk mencukupi kebutuhan protein guna menunjang tumbuh kembang janin.
  3. Istirahat yang cukup dan sebaiknya hindari aktivitas yang bisa menyebabkan kelelahan.
  4. Lakukan olahraga ringan seperti senam yoga, jalan santai maupun senam hamil lainnya untuk menjaga kebugaran tubuh.
  5. Selalu berpikiran positif dan sebaiknya hindarkan hal-hal yang bisa memicu stres.
  6. Perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga cairan tubuh sehingga terhindar ari dehidrasi.
  7. Hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol, pengawet, kafein, micin dan jenis makanan setengah matang. Hal ini karena bisa berdampak negatif terhadap kesehatan serta tumbuh kembang janin.
  8. Periksakan kehamilan Anda ke dokter secara rutin untuk mewaspadai hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan kehamilan.

Jika pada usia kehamilan 11 minggu Anda masih merasakan gejala yang tidak nyaman dalam hal nafsu makan maka sebaiknya terapkan pola makan sedikit dengan intensitas yang sering. Namun biasanya pada usia kehamilan ini gejala mual dan muntah akan hilang.

Apabila kondisi kesehatan Anda terganggu sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan tanpa resep dokter. Lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik dari sisi medis dan tidak akan membahayakan kehamilan.

Pada dasarnya untuk kehamilan yang sehat harus menerapkan pola hidup yang sehat pula. Hal ini meliputi kebutuhan nutrisi, waktu istirahat yang cukup dan mengelola stres. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517