Inilah Tipe-tipe Orang Yang Berisiko Terkena Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan suatu kondisi dimana kandung kemih atau saluran kemih terinfeksi oleh bakteri sehingga mengakibatkan nyeri dan rasanya seperti terbakar. Infeksi ini bisa terjadi pada siapa saja baik itu wanita ataupun pria.

Namun jika dibandingkan, ternyata wanita lebih rentan terkena infeksi tersebut. Mengapa demikian? Hal ini karena saluran kencing wanita berdekatan dengan anus. Terlebih lagi jika tidak memperhatikan kebersihan organ intim tersebut.

Selain dari sisi jenis kelamin, ada juga tipe-tipe orang yang rentan terkena infeksi saluran kemih. Tipe seperti apakah yang rentan terkena infeksi tersebut? Berikut penjelasannya.

Beberapa Tipe Orang Yang Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih

Pria Yang Berusia Diatas 50 Tahun

Salah satu tipe orang yang rentan terkena infeksi saluran kemih yaitu pria yang sudah memasuki usia 50 tahun keatas. Hal ini karena frekuensi buang air kecil yang rendah sehingga akan memicu bakteri kesulitan untuk keluar.

Orang-orang Yang Aktif Secara Seksual

Berhubungan seksual menjadi salah satu pemicu timbulnya atau penularan insfeksi kemih. Terlebih lagi jika salah satu pasangan tidak menjaga dan memperhatikan kebersihan alat kelamin sebalum ataupun sesudah berhubungan.

Menjaga kebersihan organ intim sebelum atau sesudah berhubungan sangatlah penting. Karena dengan begitu maka risiko terkena infeksi saluran kemih bisa dihindari.

Belum disunat

Sunat merupakan salah satu upaya untuk membersihkan dan menjaga kesehatan alat kelamin pria. Salah satu manfaatnya yaitu untuk mencegah infeksi kemih. Dengan sunat maka akan menghilangkan penumpukan kotoran pada bagian kulup.

Orang-orang yang tidak melakukan sunat maka sangat rentan dan berisiko mengalami infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, selain kewajiban sebagai umat muslim, sunat juga sangat berdampak positif untuk kesehatan organ intim itu sendiri.

Wanita Menopause

Para wanita yang sudah menopause memang sangat rentan mengalami infeksi pada saluran kemih. Hal ini karena rendahnya hormone estrogen didalam tubuh sehingga memicu infeksi disaluran tersebut.

Orang-orang yang Menderita Diabetes

Penderita diabetes tergolong salah satu kategori orang-orang yang rentan terkena infeksi bakteri saluran kemih. Kondisi ini karena kapasitas dari kontraksi kandung kemih akan mulai melemah. Nah, hal inilah yang memicu penderitanya kesulitan untuk buang air kecil sehingga bakteri akan tersumbat dan tidak dikeluarkan.

Orang-orang Lanjut Usia (Lansia)

Memasuki usia renta, fungsi kandung kemih akan melemah sehingga infeksi bakteri sangat rentan terjadi. Tidak mengherankan jika banyak para pasien orangtua yang terkena infeksi saluran kandung kemih.

Terlalu Sibuk Bekerja

Padatnya pekerjaan seringkali membuat seseorang mengharuskan untuk menahan kencing. Nah, kebiasaan sepele ini ternyata membawa dampak yang membahayakan kesehatan saluran kemih dan memicu infeksi dari bakteri.

Oleh karena itu jangan sesekali membiasakan untuk menahan kencing. Mungkin selintas kebiasaan ini terlihat sepele dan tidak membahayakan, namun jika terus menerus dilakukan akan memicu infeksi bakteri yang mengerikan.

Dalam upaya untuk menjaga kesehatan saluran kemih sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat. Perbanyak konsumsi air putih setiap harinya, lakukan olahraga, hindari kebiasaan buruk yang bisa memicu infeksi tersebut, menjaga kebersihan organ intim dan konsumsi makanan sehat bergizi.

Jika Anda mengalami kondisi yang tidak wajar seperti pada saat buang air kecil terasa panas seperti terbakar ataupun perih dan warna urin berubah maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Jangan membiarkan hal-hal sepele tersebut karena bisa saja berkembang menjadi lebih parah.

Related Posts

Share This