Inilah Tanda Tanda Hamil 1 Minggu Secara Fisik

Salah satu anugerah terindah dalam berumah tangga adalah kehamilan atau memiliki momongan. Memasuki tahap awal kehamilan terkadang sebagian orang tidak menyadarinya atau bahkan tidak mengenali tanda-tandanya. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh wanita yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan. Lalu apa saja tanda hamil 1 minggu secara fisik?

Menurut medis, hamil pada minggu pertama terhitung sejak hari terakhir Anda menstruasi. Perhitungan ini secara umum digunakan dalam dunia kedokteran. Namun dalam hal ini Anda bisa mengenali tanda tanda hamil 1 minggu dari ciri fisik atau perubahan pada bentuk tubuh.

Tanda hamil 1 minggu bisa dikenali dari berbagai macam hal yang berkaitan dengan fisik. Meskipun setiap wanita akan memiliki tanda yang berbeda tergantung arin kondisi medis masing-masing orang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penulis akan memberikan ulasan mengenai tanda tanda hamil 1 minggu dari segi fisik.

Berikut Tanda Hamil 1 minggu Secara Fisik

  1. Pendarahan atau Bercak Darah

Nah, salah satu tanda hamil 1 minggu secara fisik yaitu adanya bercak darah bukan menstruasi. Pada minggu pertama kehamilan biasanya sebagian wanita akan mengalami pendarahan yang disebut dengan istilah implantation bleeding. Pendarahan tersebut merupakan proses dari menempelnya janin ke dinding rahim.

Bercak darah akan Anda jumpai pada minggu awal kehamilan dan pendarahan tersebut tidak tergolong menstruasi. Jika Anda merasa ragu maka bisa memastikannya dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat berupa testpack.

  1. Perubahan Ukuran Payudara

Tanda lain yaitu berupa perubahan pada payudara. Pada minggu awal kehamilan akan terjadi perubahan payudara menjadi lebih sensitif apabila tersentuh dan merasa tidak nyaman ketika menggunakan bra. Ukuran payudara akan membesar dan jika disentuh akan terasa lebih lembut atau empuk.

Bahkan beberapa wanita mengalami gatal pada payudara disertai putting yang membengkak (menjulang). Perubahan pada payudara terjadi akibat adanya pengaruh hormone kehamilan. Hal ini merupakan kondisi yang wajar pada awal kehamilan.

  1. Sakit Perut atau Kram Perut

Kram perut terjadi pada awal kehamilan dan kondisi ini sama halnya dengan pendarahan. Kram perut terjadi akibat proses penempelan bakal janin pada rahim. Gangguan perut ini terbilang cukup wajar jika sakit yang ditimbulkan tidak berlebihan. Jika Anda merasakan kejanggalan maka sebaiknya memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah atau yang sering disebut dengan gejala ngidam oleh beberapa orang merupakan tanda kehamilan pada minggu pertama. Gejala ini juga sering disebut dengan morning sickness. Perubahan hormone yang menyebabkan gejala ini muncul pada awal kehamilan. Biasanya akan kembali normal memasuki trimester kedua kehamilan.

  1. Mudah Lelah

Tubuh akan cenderung mudah lelah dan lemas pada awal kehamilan karena adanya perubahan hormone serta bakal janin mulai berkembang. Bagi wanita yang memiliki tekanan darah rendah akan mengalami kelelahan yang berlebih akibat pasokan oksigen dalam darah sedikit tersendat. Maka dari itu, untuk mencegah kondisi yang lebih parah sebaiknya ibu hamil memperhatikan asupan makanan yang bergizi.

  1. Sering Buang Air Kecil

Adanya bakal janin yang berkembang didalam rahim akan memberikan tekanan pada kantung kemih sehingga ibu hamil akan merasakan gejala sering buang air kecil. Biasanya kondisi ini akan berlanjut hingga usia kehamilan 12 minggu.

Demikian beberapa tanda hamil 1 minggu yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This