Inilah Tahapan Melahirkan Normal Yang Harus Anda Ketahui

Melahirkan normal tentunya menjadi dambaan setiap ibu hamil. Pada dasarnya setiap wanita hamil bisa menjalani persalinan secara normal jika kondisi kesehatannya tidak terganggu serta tidak memiliki gejala kehamilan yang mengharuskan persalinan caesar.

Melahirkan merupakan kodrat seorang wanita sehingga tidak perlu khawatir untuk menghadapi momen penting tersebut. Bagi Anda yang belum berpengalaman dan baru pertama kali akan menghadapi proses persalinan sebaiknya mengetahui tahapan melahirkan normal sehingga jika waktunya sudah tiba maka Anda sudah siap secara mental.

Secara umum tahap melahirkan normal dibagi menjadi tiga bagian. Nah, untuk lebih jelas dan rincinya, simak ulasan singkat berikut ini!

  1. Tahap Pembukaan

Tahapan melahirkan normal yang pertama yaitu tahap pembukaan. Bagi Anda yang memutuskan untuk melahirkan normal pastinya akan melalui tahapan ini. Tahap pembukaan dimulai dengan terjadinya kontraksi pada bagian dinding rahim sehingga saluran rahim akan terbuka secara penuh seukuran kepala bayi.

Bagi Anda yang baru pertama kali melahirkan, proses pembukaan bisa mencapai 18 jam. Sedangkan bagi yang pernah melahirkan sebelumnya, proses pembukaan hanya berlangsung sekitar 2 – 3 jam saja. Proses kontraksi biasanya diawali dengan nyeri pada bagian punggung, kemudian menjalar ke bagian dalam perut. Kondisinya hampir sama dengan kram perut.

Kontraksi akan terjadi dengan intensitas yang lebih sering dan bahkan terasa lebih kencang. Hal ini sebagai upaya untuk mengeluarkan kepala bayi menuju ke mulut rahim. Kontraksi tersebut bisanya berlangsung sekitar 30 – 60 detik dan jarak antar kontraksi yaitu sekitar 10 – 20 menit.

Kondisi mulut rahim secara perlahan akan melunak, melebar dan tipis sehingga akan memungkinkan bayi untuk keluar. Bercak darah tentunya akan menyertai proses tersebut, sebelum akhirnya ketuban akan pecah.

  1. Tahap Mengejan

Mengejan merupkan tahapan kedua dalam proses melahirkan normal. Pada tahapan ini terjadi pembukaan penuh hingga akhirnya bayi akan dilahirkan. Tahapan ioni secara umum berlangsung selama 1 jam untuk proses persalinan pertama. Bagi yang sudah pernah melahirkan, proses tersebut hanya berlangsung sekitar 20 menit saja.

Pada tahapan ini Anda harus berusahan mengejan sebagai upaya mendorong bayi dari dalam rahim. Pada kondisi kehamilan normal, kepala bayi akan terlebih dahulu keluar yang berfungsi sebagai pembuka jalan. Hingga pada akhirnya akan memudahkan anggota tubuh yang lainnya.

  1. Mengeluarkan Plasenta

Tahapan terakhir dalam melahirkan normal yaitu mengeluarkan plasenta. Ketika bayi sudah lahir maka proses kontraksi akan terus berlanjut. Setelah berlangsung selama 10 – 20 menit maka plasenta/ari-ari akan terlepas dari dinding rahim, hingga akhirnya keluar dari vagina. Nah, dengan keluarnya plasenta tersebut maka berakhir lah semua tahapan dalam persalinan normal. Tindakan medis selanjutnya yaitu proses pemulihan pasca persalinan.

Itulah tahapan dalam menjalani proses persalinan normal. Dalam menunjang persalinan normal, banyak persiapan yang harus Anda lakukan seperti persiapan mental, fisik dan finansial.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517