Inilah Tahap Persalinan Normal Yang Perlu Anda Ketahui

Memasuki usia kehamilan tahap akhir atau trimester ketiga tentunya membuat Anda merasa bahagia sekaligus cemas. Terlebih lagi bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam menghadapi proses persalinan. Ketakutan akan sakitnya melahirkan seringkali menghinggapi ibu hamil trimester akhir. Dalam hal ini diperlukan persiapan dan pengetahuan yang luas guna menunjang kelancaran persalinan secara normal. Disamping itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui tahap persalinan.

Dalam proses persalinan secara normal maka Anda akan melalui beberapa tahapan. Secara umum tahapan dalam persalinan meliputi tahap pembukaan, pengeluaran bayi dan tahap pengeluaran plasenta. Setiap tahapan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sama tergantung kondisi ibu hamil dan janin yang dilahirkan.

Berikut Ini Beberapa Tahapan Persalinan

  • Tahap pembukaan

Nah, tahapan persalinan yang pertama yaitu pembukaan. Dalam hal ini serviks akan terbuka dan darah mengalir keluar. Tahap pembukaan pada kehamilan yang pertama biasanya yaitu selama 12 – 14 jam. Namun bagi yang menjalani kehamilan kedua atau seterusnya biasanya tahap pembukaan berlangsung lebih singkat.

Mendekati pembukaan akhir, maka ibu hamil akan merasakan proses kontraksi lebih sering. Pada pembukaan akhir akan terjadi lebih kurang 10 cm. Hal tersebut merupakan pembukaan yangv sempurna. Proses kontraksi yang semakin kuat dan sering akan mendorong bayi untuk mulai keluar. Pada dasarnya tahapan ini terbilang cukup berat bagi seorang wanita.

  • Pengeluaran bayi

Tahapan persalinan normal yang selanjutnya yaitu pengeluaran bayi. Dalam tahapan ini ibu hamil akan merasakan sakit perut dan mulas hingga 3 menit sekali. Tekanan bayi yang semakin kuat akan membuat ibu hamil mengedan/mengejan. Dengan begitu proses pengeluaran bayi akan berlangsung sempurna. Jika ukuran bayi terlalu besar dan susah untuk keluar maka dokter biasanya akan melakukan tindakan pengguntingan pada bagian episiotomy.

  • Pengeluaran plasenta

Setelah bayi berhasil dikeluarkan maka tahapan selanjutnya yaitu proses pengeluaran plasenta. Kontraksi akan semakin kuat ketika plasenta keluar dan disertai dengan darah. Hal ini karena plasenta yang menempel pada dinding rahim akan terlepas sehingga banyak pembuluh darah yang terlepas.

Nah, demikian tahapan dalam persalinan normal yang perlu Anda ketahui. Untuk menunjang proses persalinan yang lancar diperlukan persiapan fisik dan mental. Menjelang persalinan sebaiknya Anda melakukan olahraga rileksasi untuk membuat pikiran dan otot-otot disekitar rahim menjadi lebih siap. Selain itu, dalam masa kehamilan tahap akhir sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan bergizi untuk menunjang kesiapan Anda menghadapi proses tersebut.

Biasanya untuk menunjang persalinan normal yang lancar, disarankan untuk melakukan senam hamil dan latihan meditasi. Hal ini dimaksudakan untuk mempertahankan kelenturan otot dinding perut dan bagian dasar panggul untuk menunjang proses persalinan. Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517