Inilah Penyebab Kram Kaki Saat Tidur

Apakah Anda pernah mengalami kram kaki saat tidur? Rasa nyeri yang ditimbulkan akibat kram kaki tentunya sangat menyiksa dan mengganggu kualitas tidur Anda pada malam hari. Kondisi tersebut biasanya muncul secara tiba-tiba sehingga kaki menjadi tegang dan susah untuk digerakan. Terkadang Anda sendiri tidak mengetahui penyebab kram kaki sehingga bingung untuk mengatasinya.

Kram pada kaki saat tidur tidak bisa hilang dengan sendirinya sehingga memerlukan sedikit tindakan untuk memulihkan kembali seperti keadaan sebelumnya. Kram kaki berlangsung dalam beberapa menit dengan otot kaki yang menegang. Lantas apa yang menyebabkan kram kaki saat tidur?

Berikut Beberapa Hal Yang Memicu Kram Kaki Saat Tidur

Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Penyebab yang utama yaitu sirkulasi darah tidak lancar akibat posisi tidur yang tidak tepat. Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut yaitu dengan meluruskan kaki dan cobalah untuk mengompresnya menggunakan air hangat. Cara ini efektif untuk mengembalikan sirkulasi darah sehingga menjadi normal seperti sediakala.

Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan tubuh akan menyebabkan kram kaki saat tidur malam. Mengapa bisa demikian? Pada dasarnya dehidrasi akan memberikan pengaruh terhadap kinerja saraf sehingga hal ini menyebabkan kram pada kaki.

Hamil

Ibu hamil biasanya rentan mengalami kram kaki saat tidur malam. Hal ini terkait dengan adanya pengaruh hormone dan kekurangan asupan nutrisi seperti magnesium dan kalsium yang merupakan sumber mineral penting bagi kehamilan.

Cedera Otot

Terlalu banyak melakukan aktivitas  pada siang hari akan memicu adanya kerusakan pada otot sehingga dampaknya yaitu kram kaki saat tidur malam. Kondisi seperti ini harus segera ditangani sebab akan mengganggu aktivitas tidur secara terus menerus.

Cara Mengatasi Kram Kaki

Apabila sudah terlanjur terjadi kram pada kaki maka sebaiknya Anda melakukan tindakan untuk mengatasi gejala-gejala tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Jangan panik ketika terjadi kram kaki sebab hal ini bisa memperparah kondisi yang Anda alami. Cobalah untuk meregangkan bagian kaki secara perlahan dan lakukan pijatan pada bagian yang terasa nyeri secara pelan.
  • Pertahankan posisi tersebut beberapa menit untuk meredakan ketegangan pada otot kaki. Untuk melemaskan otot-otot yang menegang, lakukan pijatan dan gerakan kaki.
  • Kram terkadang diakibatkan oleh aktivitas di siang hari, jika hal ini terjadi maka kompres bagian kaki yang terasa kram.
  • Perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah kram kaki pada malam selanjutnya. Selain itu, konsumsi makanan bergizi dan biasakan berolahraga secara teratur.
  • Hindari aktivitas yang tergolong cukup berat sebab hal ini merupakan salah satu penyebab timbulnya kram kaki.
  • Biasakan untuk tidur dengan posisi yang benar.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi kram kaki. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517