Inilah Penyebab Bayi Menangis Terus!

Tangisan bayi merupakan sesuatu hal yang wajar. Bahkan menurut pakar kesehatan mengatakan bahwa tangisan merupakan salah satu tanda bahwa bayi Anda dalam keadaan normal dan sehat. Akan tetapi jika bayi menangis terus menerus dan susah untuk ditenangkan maka Anda harus lebih peka. Karena bisa jadi ada kebutuhan si kecil yang tidak terpenuhi.

Ketika bayi menangis terus menerus terkadang membuat Anda kesal dan bahkan stres. Biasanya hal ini terjadi pada orangtua baru yang belum memiliki pengalaman dalam mengurus bayi. Pada dasarnya tangisan bayi merupakan isyarat untuk meminta perlindungan dari perasaan tidak nyaman seperti lapar ataupun kehausan.

Anda sebagai orangtua sebaiknya lebih peka untuk menanggapi tangisan bayi sebab tangisan tersebut merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Anda. Dalam hal ini Anda harus sigap dan segera menggendong bayi supaya bisa tenang.

Penyebab Bayi Menangis Terus

  1. Lapar

Salah satu penyebab bayi menangis terus yaitu karena lapar. Mengingat si kecil belum mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan maka untuk menyampaikan apa yang dirasakannya bayi akan menangis. Bentuk komunikasi tersebut sebaiknya Anda tanggapi dengan sigap. Segeralah untuk memberikan makanan atau ASI untuk si kecil.

  1. Haus

Selain lapar, tangisan bayi bisa diakibatkan karena kehausan. Segeralah untuk memberinya ASI ataupun air matang. Si kecil lebih mudah haus ketika cuaca sedang panas. Seperti halnya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami kehausan.

  1. Popok kotor

Sebab bayi menangis yang selanjutnya yaitu karena kondisi popok dalam keadaan kotor ataupun basah. Perlu Anda ketahui bahwa popok basah bisa mengakibatkan gatal-gatal atau ruam sehingga menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Maka dari itu segeralah untuk mengganti popok si kecil ketika kotor supaya kebersihan kulitnya tetap terjaga.

  1. Cuca panas atau dingin

Perubahan cuaca bisa menyebabkan si kecil terus menerus menangis. Jika si kecil kedinginan maka hal tersebut akan membuatnya merasa tidak nyaman sehingga akan menyampaikan perasaan tersebut lewat tangisan. Begitupun dengan kondisi ruangan yang terlalu panas. Untuk mengatasinya, Anda harus mengatur suhu ruangan supaya tetap stabil.

  1. Kelelahan

Meskipun hanya diam di tempat tidur, namun adakalanya bayi akan merasa bosan dan kelelahan. Tanda bayi kelelahan biasanya disampaikan dalam bentuk tangisan. Untuk mengatasinya yaitu segera gendong si kecil supaya tidur. Dalam hal ini tidur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah yang dialami bayi.

  1. Gangguan kesehatan

Ketika si kecil mengalami gangguan kesehatan maka cenderung akan lebih rewel dan menangis terus. Gangguan kesehatan yang menyerang si kecil bisa berupa sakit perut, ruam ataupun gangguan lainnya. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui penyebab tersebut.

Related Posts

Share This