Inilah Pengaruh Bakteri Usus Untuk Kesehatan Tubuh

Usus merupakan saluran cerna yang dilalui oleh berbagai jenis makanan yang Anda konsumsi. Bahkan usus juga bisa dikatakan sebagai hutan belantara tempat hidup berbagai jenis bakteri. Jenis bakteri yang hidup pada usus sangat beragam mulai dari bakteri baik hingga bakteri yang berbahaya sekalipun.

Kumpulan bakteri yang terdapat pada usus ini secara tidak lagsung memberikan dampak untuk kesehatan tubuh. Bakteri baik pada dasarnya membantu proses metabolisme atau proses mencerna makanan didalam usus. Sebaliknya bakteri jahat sangat merugikan kesehatan sehingga terkadang memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan pada pencernaan.

Banyaknya koloni bakteri didalam usus dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita konsumsi. Jika makanan sehari-hari yang kita konsumsi sehat dan bergizi maka bakteri yang hidup di usus pun adalah jenis bakteri baik. Namun jika sebaliknya maka bakteri yang hidup pada usus adalah jenis bakteri yang memicu penyakit.

Berikut Pengaruh Bakteri Usus Untuk kesehatan Tubuh

Lebih Sehat – Lebih Panjang Umur

Semakin usia bertambah maka populasi bakteri usus akan meningkat. Mikrobione tambahan pada usus akan hadir untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini termasuk meningkatkan risiko peradangan, kanker, penyakit jantung dan juga penyakt karena usia.

Supaya bakteri baik pada usus tetap dalam keadaan sehat, konsumsilah probiotik dan berbagai jenis makanan sehat sehingga mencegah perkembangan bakteri jahat. Dengan begitu maka risiko peradangan bisa dicegah.

Pinggang yang Ramping

95% mikrobione manusia ditemukan didalam usus. Jika semakin beragam bakteri usus maka semakin kecil juga kemungkinan untuk menjadi gemuk. Biasanya bakteri usus memicu ingin mengkonsumsi makanan tertetnu. Mikrobione usus membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda untuk tumbuh. Misalnya saja harus mendapatkan gula yang cukup atau lemak.

Mood Lebih Baik

Mikrobione usus berkomunikasi dengan otak dan menyebabkan terjadinya perubahan perilaku dan suasana hati. Jika didalam usus banyak bakteri baik maka hal ini akan menyebabkan mood menjadi lebih baik lagi.

Kulit Sehat

Para ilmuwan mengungkap bahwa da dua bakteri strain yang berkaitan dengan kulit sehat dan juga jerawat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik bisa membantu mengoptimalkan kesehatan bakteri baik pada usus sehingga akan membuat kulit semakin sehat.

Tidur Lebih Teratur

Perlu Anda ketahui bahwa bakteri usus memiliki jam biologis yang disesuikan dengan jam biologis Anda. Apabila Anda mengganggu jam biologis usus maka sama halnya dengan mengganggu jam biologis Anda sendiri. Orang-orang yang memiliki jadwal tidur kacau maka seacar tidak langsung akan memiliki masalah dalam hal berat badan dan adanya gangguan metabolisme.

Menentukan Risiko Serangan Jantung

Hubungan antara daging merah dan penyakit jantung telah lama diteliti oleh para ilmuwan. Daging merah yang dicerna oleh bakteri di usus akan menimbulkan plak atau menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan pembuluh darah terakumulasi sehingga menyebabkan serangan jantung.

Nah, demikian beberapa pengaruh bakteri usus untuk kesehatan tubuh. Untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Selain itu konsumsi juga makananan sehat dan berserat. Penuhi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secukupnya.

Jangan menyepelekan masalah kesehatan usus sebab sangat berisiko memicu gangguan kesehatan lainnya. Peradangan pada usus atau infeksi usus sangat berbahaya bagi kesehatan dan bahkan berisiko sangat fatal. Usus sehat maka hidup Anda juga akan sehat. Sebaliknya jika usus mengalami gangguan maka hal ini sangat membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Related Posts

Share This