Inilah Obat Diare Untuk Bayi Secara Tradisional

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi pada bayi dalam masa pertumbuhannya. Pada dasarnya faktor penyebab diare sangata beragam. Bahkan hal yang paling unik yaitu ketika bayi mulai tumbuh gigi pasti terkena diare. Selain itu, alergi susu dan infeksi bakteri menjadi penyebab diare pada bayi. Dalam hal ini Anda harus mencari solusi dan obat diare untuk bayi sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhannya.

Diare akan membuat tubuh si kecil menjadi lemas dan kehilangan banyak cairan sehingga beresiko mengalami dehidrasi. Tindakan pertama yang harus dilakukan dalam mengatasi diare pada bayi yaitu menjaga cairan tubuhnya dengan cara tetap memberikan ASI. Adapun untuk tindakan pengobatan sebaiknya tidak menggunakan jenis obat yang mengandung bahan kimia. Alangkah lebih baiknya jika menggunakan obat-obatan yang bersifat alami sehingga tidak akan memberikan dampak negatif bagi pertumbuhannya.

Berikut Jenis Obat Tradisional Untuk Mengatasi Diare Pada Bayi

  1. Oralit

Oralit merupakan salah satu jenis obat yang terbilang aman untuk bayi. Oralit merupakan cairan gula garam yang berguna untuk mengganti ion tubuh bayi yang hilang akibat intensitas buang air besar yang tidak terkontrol. Supaya lebih aman, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Air Tajin

Jenis minuman ataupun makanan yang mengandung zat tepung tinggi seperti air tajin bisa menjadi salah satu alternatif untuk meredakan diare pada bayi. Khasiat air tajin sudah terbukti sejak dulu dan ramuan tradisional ini dinilai aman untuk bayi. Untuk membutanya cukup mudah, rebus beras dengan auir bersih, pada saat mendidih, ambilah air yang terdapat di permukaan nasi tersebut. Masukkan kedalam gelas kemudian tambahkan garam dan gula secukupnya. Kemudian biarkan hingga dingin dan berikan pada bayi yang terkena diare.

  1. Madu dan Jahe
Baca Juga:  Langkah-langkah Membuat Bubur Sumsum Susu Untuk MPASI Bayi

Bayi yang berusia 6 bulan keatas bisa diberi ramuan madu dan jahe. Pastikan madu yang Anda berikan terbebas dari bakteri dan telah melalui proses pasteurisasi. Madu asli dikahawatirkan masih mengandung bakteri yang bisa membahayakan bayi.

  1. Pisang

Pisang mengandung senyawa pektin yang bisa mengatasi diare pada bayi. Disamping itu, pisang juga kaya akan kandungan nutrisi untuk tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan kalium pada buah pisang bisa menjadi elektrolit alami untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare.

  1. Apel

Saus apel bisa digunakan untuk meredakan diare pada bayi. Hal ini karena apel mengandung pektin yang berguna untuk membantu proses penyerapan air oleh usus besar dan usus halus. Penggunaan apel untuk mengatasi diare pada bayi sangat aman dan Anda tidak perlu khawatir.

Demikian jenis ramuan tradisional untuk mengatasi diare pada bayi. Jika diare terus berlanjut maka sebaiknya segera periksa ke dokter dan usahakan supaya bayi tidak kehilangan banyak cairan. Anda harus tetap memberikan ASI untuk menjaga cairan tubuhnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517