Inilah Masalah Kesehatan Penyebab Rasa Lapar

Masalah kesehatan adalah salah satu hal yang sebaiknya tidak diabaikan. Jika kesehatan terganggu maka segala aktivitas tentunya akan terganggu. Bahkan Anda tidak bisa produktif lagi untuk berkarya menghasilkan sesuatu yang membanggakan. Oleh karena itu sekiranya penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat. Nah, pada kesempatan ini penulis akan mengulas seputar masalah kesehatan yang memicu perut kerap kali merasa lapar.

Perut lapar adalah sesuatu yang lumrah dan semua orang pasti mengalaminya. Solusinya yaitu dengan makan dan minum. Namun bagaimana jika perut seringkali lapar secara tidak teratur dalam rentang waktu yang cepat. Kondisi ini tentunya harus diwaspadai sebab berisiko adanya gangguan kesehatan yang cukup serius dan harus mendapatkan penanganan yang benar.

Berikut Masalah Kesehatan Penyebab Rasa Lapar

  1. Stres

Stres merupakan salah satu masalah kesehatan mental. Ketika stress, hormon kortisol akan membanjiri pikiran. Tingkat kortisol yang tinggi tersebut akan menyebabkan perut seringkali merasa lapar. Nah, bahkan perasaan lapar tersebut terjadi ketika tubuh tidak membutuhkan asupan kalori. Dengan kata lain, kortisol akan mengacaukan informasi sehingga memberitahu otak senantiasa lapar.

  1. Depresi

Kecemasan dan depresi akan mempengaruhi mekanisme tubuh ketika mengkonsumsi makanan. Kondisi ini sedikitnya dipengaruhi oleh hormon serotonin yang terdapat didalam tubuh. Dengan kata lain bahwa depresi akan mengakibatkan proses makan menjadi tidak efektif atau kurang nyaman.

  1. Diabetes

Gangguan kesehatan diabetes tipe 1 maupun tipe 2 akan mempengaruhi kadar gula didalam tubh. Nah, akibatkany akan menimbulkan siklus kelaparan yang berlebihan ketika tubuh dalam proses mengembalikan kadar gula darah ke ukuran yang lebih normal. Kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan nafsu maka tidak terkontrol dan kacau. Hal inilah yang membuat penderita diabetes senantiasa merasa lapar.

  1. Dehidrasi

Kekuragan asupan cairan atau dehidrasi akan memicu tubuh merasa lapar secara terus menerus. Meskipun dehidrasi kekurangan cairan, namun hal ini juga memicu perasaan lapar yang tidak menentu dan terjadi kapan saja.

  1. Obesitas

Makan terlalu banyak tentunya memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan menyebabkan kelebihan berat badan. Namun ternyata kelebihan berat badan juga adalah salah satu hal yang memicu perut terus merasa lapar. Hal ini karena kelebihan lemak akan memicu tingkat insulin meningkat secara drastis sehingga nafsu makan meningkat.

Bahkan akibat penumpukan lemak yang berlebihan akan mengacaukan sinyal hormon leptin atau hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang. Maka tidak heran jika orang yang kelebihan berat badan akan senantiasa cenderung merasa lapar terus menerus. Kelebihan berat badan juga mengacaukan proses metabolisme didalam tubuh sehingga terganggu dan tidak normal.

Demikian beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan perut selalu lapar. Waspadai gejala yang terjadi dan jangan disepelekan sebab berisiko menyebabkan masalah kesehatan yang lebih berbahaya. Meskipun selintas rasa lapar hanyalah hal yang lumrah, namun jika terjadi terus menerus maka hal ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Terapkan gaya hidup sehat untuk kehidupan sehari-hari supaya terhindar dari berbagai risiko gangguan kesehatan. Pola hidup sehat sehari-hari akan membuat kehidupan senatiasa selalu dalam keadaan sehat. Konsumsi makanan bergizi, olahraga dan biasakan untuk mencukupi asupan cairan untuk tubuh. Selain itu, utamakan juga asupan makanan berserat dan tinggi akan kandungan vitamin seperti buah-buahan dan sayuran.

Related Posts

Share This