Inilah Masalah dan Gangguan Makan Pada Anak Yang Harus Diketahui

Gangguan makan pada anak. Tumbuh kembang anak bisa dipengaruhi salah satunya oleh pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Bahkan tidak hanya anak-anak, kesehatan orang dewasa juga salah satunya dipengaruhi oleh pola makan setiap hari dan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan menjadi salah satu komponen penting yang memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh setiap orang. Jika makanan yang dikonsumsi sehat dan bergizi maka hal ini akan berdampak positif untuk kesehatan tubuh dan begitupun sebaliknya.

Permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para orangtua dalam tahap tumbuh kembang anak yaitu pola makan yang tidak teratur akibat anak yang sulit makan. Si kecil tidak mau makan merupakan salah satu hal yang lumrah terjadi dan hal ini sudah pastinya dialami oleh setiap orangtua. Dalam hal ini memang diperlukan cara yang ampuh sehingga anak bisa makan sesuai jadwal dan pola makannya tidak terganggu.

Pola makan anak yang tidak teratur akan berdampak terhadap tumbuh kembangnya. Asupan gizi seimbang dalam tahap tumbuh kembang anak memang sangat penting. Hal ini sebaiknya diperhatikan oleh setiap orangtua sehingga perkembangan anak bisa secara normal sebagaimana seharusnya. Asupan nutrisi untuk anak memang sangat penting dan sebaiknya harus tercukupi dengan baik.

Gangguan makan pada anak atau permasalahan anak tidak mau makan sebaiknya segera diatasi dengan cara yang benar. Nah, sebelum mengetahui cara untuk mengatasi hal tersbeut sebaiknya Bunda mengetahui permasalahan yang sering terjadi pada anak yang tidak mau makan. Lalu apa saja masalah atau gangguan anak tidak mau makan? Berikut ini penjelasan lebih detailnya!

Beberapa Permasalahan Anak Tidak Mau Makan

Anak Sulit Makan atau Tidak Doyan Makan

Salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh orangtua dalam menerapkan pola makan untuk anak yaitu anak sulit makan atau tidak doyan makan. Menginjak usia 1 tahun biasanya si kecil akan mengalami penurunan nafsu makan. Faktor penyebabnya bisa sangat beragam dan hal ini tergolong sangat wajar terjadi sebagai transisi tumbuh kembang anak.

Meskipun terbilang wajar, namun permasalahan anak sulit makan sebaiknya diatasi dengan cara yang tepat sehingga tidak akan mengganggu tumbuh kembangnya. Berkonsultasilah dengan dokter gizi anak guna memberikan alternatif sehingga asupan nutrisi untuk tumbuh kembang anak tidak mengalami gangguan yang bisa berakibat sanagt fatal.

Menjadi Pemilih Makanan

Anak-anak dalam masa pertumbuhan memang wajar menjadi pemilih makanan. Biasanya si kecil menjadi pemilih ulung dan seringkali hanya mencicipi makanan daripada menghabiskannya. Hal ini terbilang wajar dan Bunda harus bisa memberikan arahan sehingga si kecil bisa mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

Perkenalkan makanan yang bergizi dalam mencukupi asupan nutrisi si kecil setiap harinya. Jika si kecil tidak menyukai sayuran maka sebaiknya siasati dengan memberikan olahan sayuran yang unik dan kreatif. Dengan begitu maka si kecil memperoleh asupan makanan yang bergizi. Sajikan makanan yang labih kreatif dan menarik karena biasanya anak-anak lebih menyukai bentuk makanan yang terbilang lebih unik.

Mudah Merasa Bosan

Gangguan makan pada anak atau masalah makan yang sering Bunda temukan selanjutnya yaitu si kecil mudah merasa bosan dengan makanan yang disajikan. Nah, salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menyajikan makanan yang unik baik itu dari segi bentuk, rasa dan warna. Biasanya si kecil menyukai jenis makanan yang memiliki bentuk unik dan warna yang sangat mencolok. Sajikan sayuran dengan bentuk yang unik sehingga si kecil bisa mengkonsumsinya dengan lahap.

Demikian beberapa gangguan makan pada anak yang sebaiknya Bunda atasi dengan cara yang tepat sehingga asupan nutrisi untuk si kecil dalam masa tumbuh kembangnya tidak terganggu. Kebutuhan nutrisi dalam masa tumbuh kembang memang sangat penting untuk dipenuhi dengan baik karena jika terganggu bisa sangat berakibat fatal dalam jangka panjang untuk tumbuh kembang anak.

Kebutuhan gizi dalam setiap tumbuh kembang anak memang harus terpenuhi dengan baik sehingga proses tersebut bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu sebaiknya atasi gangguan makan pada anak dengan trik yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This