Inilah Manfaat USG 4 Dimensi Untuk Kehamilan

Manfaat USG 4 dimensi. Menjaga kehamilan bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu memperhatikan pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga dan melakukan pemeriksaan kehamilan. Memantau setiap perkembangan janin di dalam kandungan sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya meminimalisir terjadinya gangguan yang mungkin membahayakan kehamilan. Pada zaman modern saat ini pemriksaan kehamilan bisa menggunakan USG 4 dimensi.

Pemeriksaan kehamilan menggunakan USG tentunya untuk mengetahui jenis kelamin janin, memantau perkembangan di setiap tahapnya serta memastikan kesehatan janin. Menggunakan USG 3D dan 4D akan membuat gambar tampilan janin di dalam kandungan terlihat lebih jelas. Penampakan tulang belakang, posisi telinga dan bentuk muka bisa terlihat jelas sehingga jika ada gangguan atau kelainan bisa terdeteksi.

Penggunaan alat USG 4D akan bisa melihat janin di dalam kandungan lebih jelas. Semua organ tubuh janin akan terlihat jelas. Selain itu, alat ini juga bisa mendeteksi keadaan emosional janin di dalam kandungan. Suasana janin di dalam kandungan bisa terlihat melalui pemeriksaan USG 4D ini.

Penggunaan alat USG ini sebenarnya sudah lama yaitu sekitar 30 tahun dan sekitar 75% ibu hamil banyak merasakan manfaat dengan melakukan pemeriksaan tersebut. Pemeriksaan USG biasanya dilakukan pada usia 16 – 20 minggu.

Berikut Ini Manfaat USG Untuk Kehamilan

  1. Mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan tes USG yaitu mengetahui setiap tahap perkembangan janin. Pada dasarnya kita tidak akan bisa melihat perkembangan janin secara kasat mata. Nah, maka dari itu penggunaan alat ini tentunya akan sangat membantu. Apabila ada kelainan pada janin maka akan terdeteksi lebih awal sehingga bisa dilakukan penanganan dengan cepat.

  1. Mengetahui usia kehamilan dan persalinan

Mengetahui usia kehamilan sangat penting bagi semua ibu hamil. Hal ini untuk memprediksi terjadinya persalinan. Selain itu, dengan mengetahui usia kehamilan maka Anda bisa memberikan asupan nutrisi untuk janin sesuai dengan tahap usia perkembangannya. Dengan melakukan pemeriksaan USG maka Anda bisa mendapatkan kepastian mengenai usia kehamilan dan kapan tiba waktunya persalinan.

  1. Memeriksa kehamilan ganda

Bagi Anda yang pernah mengalami gangguan dan pernah melakukan pemeriksaan kesuburan dan memiliki kelainan pada rahim di usia kehamilan tertentu maka dengan melakukan pemeriksaan USG akan sangat membantu tentunya.

  1. Mendeteksi kelainan pada janin

Pemeriksaan USG tentunya akan memberikan informasi mengenai adanya kelainan pada janin sejak dini. Jika pemeriksaan ini dilakukan sejak awal kehamilan maka perkembangan dan kesehatan janin senantiasa akan terpantau sehingga jika terjadi gangguan bisa ditangani lebih cepat.

  1. Mengetahui penyebab pendarahan

Adanya pendarahan ketika hamil tentunya tidak bisa dianggap sepele karena bisa menimbulkan resiko pada kehamilan. Nah dengan USG maka penyebab pendarahan tersebut bisa diketahui. Dengan begitu maka pendarahan tersebut bisa dikategorikan bahaya atau tidak.

Itulah manfaat dilakukan tes USG 4D pada kehamilan. Pemeriksaan rutin akan menghindarkan resiko gangguan fatal pada janin. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This