Inilah Manfaat Sayur Terong Yang Perlu Anda Ketahui!

Terong merupakan salah satu tanaman sayur yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman ini berasal dari Srilangka. Seringkali sayuran jenis ini dihindari oleh sebagian wanita sebab dianggap bisa memicu keputihan. Apakah benar demikian? Pada dasarnya keputihan disebabkan oleh mikroorganisme yang salah satunya disebabkan oleh faktor makanan seperti terong. Akan tetapi jika dikonsumsi secara bijak maka manfaat sayur terong untuk kesehatan sangat luar biasa.

Terong mengandung kalsium, zat besi dan beragam mineral penting yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Terong bisa dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan dan bahkan bisa diolah menjadi menu makanan yang mewah. Lalu apa saja manfaat terong untuk kesehatan?

Manfaat Terong Untuk Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya setiap jenis sayuran memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Adapaun manfaat luar biasa yang bisa Anda peroleh dari terong yaitu sebagai berikut:

  1. Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung serat cukup tinggi. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsiterong secara tertaur maka akan melindungi usus dari resiko penyakit kanker usus besar.
  2. Kandungan vitamin dan mineral pada terong bisa meningkatkan sirkulasi darah dan juga membantu menutrisi otak. Untuk manfaat yang lebih baik maka sebaiknya konsumsi terong bersama dengan kulitnya.
  3. Terong tergolong salah satu jenis makanan yang rendah kalori sehingga hal ini menghindarkan Anda dari bahaya lemak. Kandungan serat pada terong akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga pola makan menjadi lebih teratur.
  4. Manfaat selanjutnya yaitu menjaga kesehatan jantung. Terong mengandung senyawa yang bisa menurunkan kadar kolesterol darah. Konsumsi secara teratur akan menjaga jantung Anda tetap sehat.
  5. Bagi Anda penderita diabetes, terong bisa Anda jadikan sebagai makanan sehat untuk mengatasi penyakit tersebut.
  6. Bahkan konsumsi terong secara rutin bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena terong mengandung bioflavonoid dan vitamin K yang berperan penting dalam memperkuat kapiler darah di dalam tubuh.
  7. Terong tinggi akan kandungan bioflavonoid yang akan membantu menjaga kesehatan jantung. Bioflavonoid berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan membantu mengatasi stres.
  8. Kandungan vitamin C pada terong berguna sebagai antibakteri dan antivirus yang mencegah infeksi pada tubuh.
  9. Kadar air pada terong terbilang cukup bagus untuk mengontrol kalori. Hal ini tentunya sangat baik bagi Anda oyang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.
  10. Fitonutrien yang terdapat pada terong akan membantu menjaga membrane sel sehingga terhindar dari kerusakan. Dengan begitu hal ini akan berguna dalam menjaga fungsi memori otak.

Itulah manfaat mengkonsumsi sayur terong. Mulai saat ini tidak ada salahnya jika Anda menambahkan terong ke dalam menu makanan harian. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This