Inilah Manfaat Sayur Sawi Untuk Ibu Hamil

Menjalani masa kehamilan bukan perkara mudah bagi seorang wanita. Diperlukan kehati-hatian untuk menjaga kehamilan supaya tetap sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam upaya untuk menunjang tumbuh kembang janin, salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yaitu asupan nutrisi. Nah, kali ini penulis akan mengulas tentang manfaat sawi untuk ibu hamil.

Manfaat sayur sawi mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya dan hanya menganggap sawi sebagai sayuran pelengkap saja untuk makanan lainnya. Jika ditelusuri lebih mendalam lagi, sawi adalah salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan nutrisi seperti halnya jenis sayuran yang lainnya.

Manfaat sawi hijau untuk ibu hamil bisa dikatakan sangat penting. Sawi hijau mengandung sejumlah nutrisi yang mewakili vitamin, mineral dan juga antioksidan. Jika dikonsumsi secara teratur maka akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ibu hamil dan juga tumbuh kembang janin didalam kandungan.

Lalu apa saja manfaat sawi hijau untuk ibu hamil dan janin? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sawi pada waktu hamil.

Menjaga Kadar Gula Darah

Nah, salah satu manfaat luar biasa dari sawi yaitu untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah pada ibu hamil. Ketika menjalani masa kehamilan biasanya wanita rentan terkena penyakit diabetes. Maka dari itu jenis sayuran yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada waktu hamil karena mengandung antioksidan berupa alpha lipoic acid yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

Memperbaiki Kualitas Tidur Pada Waktu Hamil

Keluhan yang sering dirasakan pada waktu hamil salah satunya yaitu gangguan tidur. Terlebih lagi jika usia kehamilan semakin membesar maka ibu hamil kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Selain itu, perasaan gelisah terkadang membuat ibu hamil kesulitan untuk tidur nyenyak.

Solusi untuk mengatasi keluhan tersebut cukup mudah yaitu dengan mengkonsumsi sayur sawi hijau secara teratur. Sawi ternyata mengandung kolin yang bisa memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga nyenyak setiap malam.

Kualitas tidur sangat menentukan kesehatan selama hamil dan juga tumbuh kembang janin. Maka dari itu, waktu tidur tidak boleh disepelekan karena akan memberi pengaruh negatif dan positif pada janin didalam kandungan.

Memperbaiki Mood

Sayur sawi juga mengandung asam folat yang berguna untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan organ-organ penting pada janin. Disamping itu, asam folat juga bermanfaat dalam mencegah stres dan depresi yang bisa mempengaruhi mood ibu hamil.

Mengkonsumsi sawi akan mencegah pembentukan homosistein secara berlebihan. Jika produksi homosistein berlebihan maka akan mempengaruhi hormone bahagia atau serotonin. Maka dari itu tambahkan sawi dalam menu makan harian Anda selama menjalani masa kehamilan.

Membantu Proses Pembekuan Darah

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K selama hamil sangat berguna untuk kesehatan Anda dan janin. Terlebih lagi vitamin K dibutuhkan pada waktu proses persalinan untuk membantu pembekuan darah sehingga tidak terjadi pendarahan yang bisa membahayakan keselamatan sang ibu dan bayi.

Sawi tergolong salah satu jenis sayuran dengan kandungan vitamin K sebesar 770 mikrogram. Hal ini tentunya mampu mencukupi kebutuhan vitamin K harian Anda dan janin sesuai dengan yang direkomendasikan.

Nah, demikian beberapa manfaat sawi untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Konsumsi secara teratur selama hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda dan janin. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This