Inilah Manfaat Sayur Okra Yang Perlu Anda Ketahui

Okra merupakan salah satu tanaman penghasil serat yang banyak dibudidayakan didaerah yang memiliki iklim tropis dan hangat. Okra tergolong sejenis tanaman sayuran yang memiliki kandungan glutation dan serat cukup tinggi. Bahkan biji tanaman ini mengandung minyak sekitar 40% dan perlu Anda ketahui bahwa minyak tersebut sangat kaya akan kandungan lemak tak jenuh berupa asam oleat serta linoleat. Lalu apa manfaat sayur okra untuk kesehatan?

Sayur okra mengandung sejumlah nutrisi yang berguna untuk tubuh, nutrisi tersebut diantaranya yaitu lemak, protein, serat, folat, riboflavin, vitamin, kalsium, potassium, tembaga, besi dan sejumlah nutrisi lainnya. Nah, kandungan nutrisi tersebut akan memberikan manfaat yang luar biasa jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Berikut Manfaat Sayur Okra

  1. Mencegah Sembelit

Sayur okra sangat kaya akan kandungan zat lendir yang berguna untuk membantu gerak peristaltic usus dalam mencerna makanan. Dengan begitu maka akan menghindatikan Anda dari resiko gangguan pencernaan seperti sembelit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Okra tergolong sayuran rendah kalori yaitu sekitar 30 kalori dalam 100 gram. Selain itu, okra tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Oleh karena itu sayuran yang satu ini sangat efektif dalam membantu Anda untuk menjalankan program diet menurunkan berat badan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Kandungan vitamin A pada okra berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin A berperan penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

  1. Melindungi Paru-paru

Flavonoid pada sayur okra bermanfaat sebagai antioksidan seperti halnya betakaroten yang akan melindungi kesehatan paru-paru sehingga terhindar dari resiko infeksi dan kanker.

  1. Mencegah Kanker Mulut

Fokus utama kandungan nutrisi pada okra yaitu zat antioksidan yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan antioksidan tersebut akan menghindarkan Anda dari resiko terkena kanker mulut.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi sayur okra maka perlu berbahagia sebab kandungan nutrisi okra akan membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari berbagai infeksi virus dan bakteri berbahaya.

  1. Mencegah Resiko Cacat Janin

Bagi wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi okra. Kandungan asam folat pada okra berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA pada janin. Dengan demikian maka resiko cacat pada janin akan semakin kecil karena kebutuhan asam folat terpenuhi dengan baik.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Antioksidan dan serat pada okra bisa membantu menghindarkan Anda dari resiko penyakit jantung. Adanya kandungan zat besi pada sayur okra akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga tidak menyebabkan jantung harus bekerja ekstra keras.

Luar biasa sekali bukan manfaat sayur okra? Mulai saat ini cobalah untuk mengkonsumsi sayuran tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517