Inilah Manfaat Oat Untuk Tumbuh Kembang Balita Anda

Manfaat oat. Laju pertumbuhan anak balita sangat pesat sehingga menghabisakan banyak energi, terlebih lagi banyak aktivitas yang dilakukan oleh anak seperti bermain dan belajar. Pada masa pertumbuhan di usia balita, kebutuhan nutrisi si kecil akan meningkat dua kali lipat. Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil harus terpenuhi dengan baik supaya tidak menghambat tumbuh kembangnya.

Diantara sekian banyak jenis makanan yang direkomendasikan untuk anak balita, salah satunya dari kelompok biji-bijian yaitu oat. Sumber makanan tersebut biasany diolah menjadi berbagai produk makanan seperti sereal, oat flakes dan olahan lainnya.

Jika dibandingakn dengan jagung, gandum dan beras, oat terbilang lebih istimewa. Hal ini karena oat kaya akan kandungan protein, kalsium, lemak, zat besi, zinc, magnesium, vitamin B1, mangan, vitamin E sert asam folat. Disamping itu, oat juga mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan si kecil.

Seperti yang kita ketahui bahwa karbohidrat kompleks akan dicerna oleh tubuh secara perlahan sehingga akan membuat si kecil merasa kenyang lebih lama. Selain itu, oat mengandung serat tak larut dan serat larut. Serat tak larut berguna untuk memelihara kesehatan pencernaan si kecil sehingga terhindar dari resiko sembelit. Sedangkan serat larut berguna ountuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Berikut Manfaat Luar Biasa Dari Biji Oat

Meningkatkan Imunitas

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh ilmuwan italia menemukan bahwa kandungan beta glucan pada biji oat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh si kecil sehingga terhindar dari infeksi virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Meningkatkan Fungsi Otak

Dari hasil riset lain menunjukan bahwa anak yang memiliki kebiasaan sarapan pagi dengan menu sereal oat maka cenderung memiliki kemampuan dan fokus yang lebih baik. Hal ini karena nutrisi yang terkandung dalam biji oat akan mensuplai energi ke otak secara maksimal.

Menurunkan Resiko Asma

Anak-anak yang mengkonsumsi oat sejak dini memiliki resistensi terhadap penyakit asma. Kembali pada poin pertama bahwa kandungan nutrisi pada oat mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga melindungi si kecil dari berbagai penyakit termasuk gangguan pada saluran pernafasan.

Mencegah penyakit Diabetes

Bahkan konsumsi oat secara rutin dan teratur akan mencegah si kecil terkena resiko penyakit diabetes. Hal ini karena  indeks glikemik pada oat terbilang cukup rendah sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah.

Memelihara Kesehatan Pencernaan

Tingginya kandungan serat pada oat berguna untuk memelihara kesehatan pencernaan sehingga terhindar dari resiko sembelit atau perut kembung. Konsumsi oat setiap hari saat sarapan akan membuat sistem pencernaan si kecil senantiasa lancar.

Demikian manfaat biji oat untuk kesehatan si kecil. Kandungan nutrisi pada oat berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This