Khasiat dan Manfaat Sayur Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Jenis sayuran ini tidak mengandung kolesterol, rendah lemak dan sodium sehingga sangat bagus untuk kesehatan. Sayur asparagus mengandung banyak nutrisi seperti ribovlafin, magnesium, seng, zat besi, posfor, selenium, asam folat, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin A, kalsium dan thiamin. Manfaat mengkonsumsi asparagus untuk kesehatan diantaranya yaitu memperbaiki ginjal, memperbaiki fungsi hati, mencegah terjadinya kejang atau kram, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menjaga sistem kardiovaskuler.

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Asparagus Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kandungan asam folat dalam asparagus sangat bagus untuk ibu hamil dan menyusui. Asam folat berguna untuk pembentukan sel-sel baru dalam proses replikasi DNA pada periode awal kehamilan. Asam folat akan mencegah terjadinya kelainan pada janin seperti kerusakan sistem saraf yang menyebabkan cacat pada janin, anenchepaly dan spina bifida.

Manfaat asam folat bagi ibu hamil yaitu untuk menjaga kesehatan selama menjalani kehamilan, menurunkan homosistein untuk melancarkan peredaran darah, mencegah terjadinya serangan jantung dan kanker.

Selain itu, asparagus juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakn kesehatan ibu hamil dan janin. Hal ini karena asparagus mengandung glutathione. Kandungan nutrisi ini juga akan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel pada organ tubuh janin dan mencegah terjadinya kerusakan DNA.

Asparagus juga memiliki kandungan inulin yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan pada ibu hamil. Inulin adalah salah satu jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna di dalam tubuh manusia akan tetapi akan berperan untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik. Hal ini tentunya sangat berguna untuk kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan.

Manfaat asparagus untuk ibu menyusui yaitu untuk menyeimbangkan produksi kadar hormon di dalam tubuh sehingga menyebabkan produksi ASI menjadi lancar. Selain itu, asparagus mengandung asam amino esensial yang sangat berguna untuk meningkatkan produksi dan kuantitas ASI. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk menambahkan sayuran asparagus dalam menu makan selama menjalani proses kehamilan dan menyusui.

Manfaat lain dari asparagus yaitu bisa dijadikan sebagai alat kontrasepsi alami bagi wanita. Hal ini karena asaparagus memiliki kemampuan dalam mencegah terjadinya pembuahan dan menghambat terjadinya implamantasi embrio. Akan tetapi, untuk lebih jelasnya ketika Anda ingin mengkonsumsi asparagus sebagai alat kontrasepsi alami sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi dan pakar kesehatan.

Itulah beberapa khasiat asparagus untuk ibu hamil dan menyusui. Untuk mendapatkan manfaat asparagus selama masa kehamilan, Anda harus mengkonsumsi sayuran tersebut dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Selain itu, untuk penyajian asparagus bisa Anda campurkan dengan jenis sayuran lain supaya cita rasanya menjadi lebih enak sehingga membuat selera makan Anda waktu hamil akan tetap stabil.

Related Posts

Share This