Inilah Manfaat Membaca Buku Cerita Untuk Anak

Dalam mendukung tumbuh kembang anak, banyak hal yang harus Anda perhatikan mulai dari asupan nutrisi dan juga stimulasi. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa makananan yang bergizi menjadi salah satu komponen penting yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Namun disamping itu juga Anda tidak boleh melupakan aspek lain seperti memberikan stimulasi positif guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak baik itu mental dan juga fisiknya.

Nah, yang akan penulis ulas untuk kali ini yaitu mengenai stimulus positif guna menunjang tumbuh kembang anak salah satunya adalah manfaat membaca buku cerita untuk anak. Seberapa sertingkah Anda membacakan buku untuk si kecil? Menurut hasil riset menunjukan bahwa salah satu stimulasi terbaik untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak adalah dengan membacakan buku cerita dan membiasakan untuk mengajak si kecil ngobrol.

Beberapa Manfaat Membaca Untuk Si Kecil

Menanamkan Nilai Moral yang Baik

Pada umumnya buku cerita memiliki nilai-nilai yang positif. Dengan membacakan buku cerita maka secara tidak langsung si kecil akan merekam pesan moral dari cerita tersebut sehingga kelak akan bermanfaat untuk menghindarkannya dari berperilaku negatif di kemudian hari. Bacakan berulang kali buku cerita yang bermanfaat sehingga otak anak akan terstimulus untuk terbiasa dengan hal-hal dan pesan yang baik.

Mempererat Ikatan Anak dan Orangtua

Seiring dengan berambahnya usia anak maka aktivitasnya akan semakin banyak dan anak akan menjadi lebih aktif. Nah, dengan membacakannya buku cerita maka hal ini akan menjadi ajang istirahat dan juga mempererat ikatan antara orangtua dan anak. Adanya kedekatan ini akan menjadikan anak merasa lebih aman dan nyaman bersama dengan Anda sehingga akan menstimulasi perkembangan Bahasa, emosional dan juga kognitifnya.

Melatih Motorik Halus

Biasanya buku-buku untuk anak balita dan batita dirangkai khusus untuk menampilkan kesan yang sangat menarik. Nah, hal ini akan membuat si kecil penasaran dan berusaha menggapainya sehingga hal ini bermanfaat untuk melatih kemampua motorik halusnya.

Meningkatkan Prestasinya di Bidang Akademik

Membaca merupakan salah satu cara untuk memperluas pengetahuan. Jika si kecil rajin membaca maka hal ini berguna untuk meningkatkan prestasinya di sekolah. Nah, untuk menanamkan kebiasaan rajin membaca tersebut maka harus dimulai dengan membacakan terlebih dahulu. Biasakan untuk membacakan buku cerita untuk anak.

Merangsang Keterampilan Bicara Anak

Membacakan buku cerita untuk anak menjadi dasar dalam merangsang keterampilan berbicaranya. Dari hal tersebut maka anak akan memperolah kosakata yang lebih banyak sehingga secara perlahan hal ini akan membuat si kecil terampil berbicara.

Berkomunikasi Lebih Baik

Manfaat positif membacakan buku cerita untuk anak tentunya akan membuatnya memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik.

Meningkatkan Konsentrasi dan Disiplin

Penggunaan variasi suara dalam sialog karakter dalam sebuah cerita akan membuat si kecil mengingatnya sehingga hal ini menjadi dasar untuk pola disiplin dan belajar etikan bagi anak. Contohnya yaitu bila ada yang sedang berbicara maka yang lain harus mendengarkan tanpa memotong pembicaraan.

Mengasah Keterampilan Emosional dan Sosial Anak

Intonasi dan ekspresi yang Anda tampilkan saat membaca cerita akan emngajarkan anak berbagai macam emosi yang ada pada manusia. Dengan begitu maka secara perlahan si kecil bisa mengaplikasikan  dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menyadari perannya dalam lingkungan.

Demikian beberapa manfaat membaca untuk anak yang perlu Anda ketahui. Biasakan untuk membacakan buku cerita yang bermanfaat bagi anak guna membantu menstimulasi tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This