Inilah Manfaat Luar Biasa Buah Naga Untuk Bayi dan Anak-anak

Buah untuk bayi merupakan salah satu sumber makanan yang paling dianjurkan. Buah-buahan dan sayuran berguna untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral yang menunjang tumbuh kembang si kecil. Salah satu jenis buah yang dianjurkan untuk bayi adalah buah naga merah. Buah yang satu ini bisa diberikan sebagai makanan pendamping ASI untuk si kecil dalam bentuk jus atau puree.

Manfaat buah naga untuk bayi tidak perlu diragukan lagi. Hal ini karena buah naga mengandung vitamin, mineral, serat, riboflavin, kalsium, betakaroten, posfor, lemak dan beberapa mineral penting lainnya. Nutrisi tersebut tentunya sangat berguna dalam menunjang proses tumbuh kembang si kecil.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk bayi

  • Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat buah naga merah untuk bayi yaitu meningkatkan sistem imun tubuh. Buah naga mengandung vitamin C dan riboflavin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit. Mengkonsumsi buah naga secara rutin sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan pertumbuhannya.

  • Sebagai antioksidan

Kandungan vitamin dan mineral pada buah naga terbukti efektif dalam melawan radikal bebas. Antioksidan berperan penting dalam menjaga sirkulasi darah maupun kesehatan otak. Jika diberikan secara teratur maka sangat efektif untuk membantu meningkatkan kinerja otak bayi.

  • Menjaga kesehatan tulang

Mineral yang terdapat pada buah naga seperti kalsium dan posfor sangat berguna dalam menjaga kesehatan tulang si kecil. Maka dari itu, buah naga sangat bagus diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping ASI guna menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang yang sehat.

  • Memperlancar sistem pencernaan

Serat yang terkandung di dalam buah naga berguna untuk membantu kinerja usus sehingga mencegah gangguan pada pencernaan si kecil. Mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menekan resiko sembelit pada bayi. Sistem pencernaan sehat maka akan berdampak positif terhadap proses tumbuh kembangnya.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan betakaroten pada buah naga berfungsi dalam menjaga kesehatan mata si kecil. Seperti yang kita ketahui bahwa betakaroten akan diubah menjadi vitamin A dalam proses metabolisme. Vitamin A dikhususkan untuk menjaga kesehatan indera penglihatan.

  • Membantu proses metabolisme

Buah naga mengandung protein cukup tinggi yang berperan penting dalam membantu proses metabolisme tubuh. Dengan begitu maka sangat berguna dalam mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Disamping itu, buah naga sangat efektif untuk menjaga berat badan ideal pada bayi dan anak-anak.

Demikian manfaat buah naga merah untuk bayi. Mulailah untuk menambahkan buah-buahan dalam menu makanan pendamping ASI untuk si kecil guna menunjang kesehatan dan tumbuh kembangnya. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This