Inilah Manfaat Kesemek Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Kesemek merupakan salah satu jenis buah langka dan jarang dikonsumsi. Bahkan buah jenis ini jarang dibudidayakan dan hanya ditemui di tempat-tempat tertentu saja sehingga menjadikan buah kesemek sangat asing. Ciri fisik buah kesemek hampir menyerupai apel, hanya saja yang membedakannya yaitu terdapat serbuk putih menyerupai bedak yang menyelimuti kulit buah. Dibalik kelangkaannya, ternyata manfaat kesemek sangat luar biasa.

Buah kesemek mengandung banyak karbohidrat, vitamin dan juga kalium. Selain itu, buah kesemek juga mengandung glukosa, fruktosa  dan juga protein yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat yang kbisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah kesemek?

Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah kesemek bisa menjadi salah satu pilihan menu untuk diet. Hal ini karena kesemek mengandung karbohidrat cukup tinggi sehingga bisa dijadikan pengganti nasi untuk membuat perut kenyang lebih lama. Bahkan kandungan protein yang tinggi pada buah kesemek menjadi salah satu penyuplai nutrisi selama menjalani program diet.

Mengganti nasi pada waktu diet bukan berarti Anda berhenti makan nasi, melainkan menurunkan porsi nasi dan melengkapinya dengan makanan lain yang rendah kalori seperti kesemek. Selam diet, buah kesemek bisa dijadikan sebagai pengganti buah-buahan lain saat Anda merasa bosan.

Bagi wanita yang ingintampil cantik dan memiliki kulit mulus, konsumsilah buah kesemek sebab kandungan antioksidan dan vitamin dalam buah tersebut mampu mencegah penuaan dini dan memelihara kesehatan kulit.

Buah kesemek juga mengandung vitamin A dan vitamin E yang bermanfaat dalam mencerahkan kulit wajah dan mencegah tumbuhnya jerawat. Bahkan antioksidan pada kesemek bisa mencegah munculnya keriput di wajah. Selain itu, antioksidan tersebut berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan dan paparan sinar ultraviolet.

Manfaat Buah Kesemek Untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kesemek mengandung vitamin A, protein , kalium dan karbohidrat yang berguna untuk kesehatan tubuh dan juga ibu hamil. Mengkonsumsi buah kesemek pada waktu hamil berguna untuk menambah energi dan mencegah anemia. Selain itu, kesemek bisa meningkatkan sistem imun ibu hamil karena mengandung antioksidan cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi buah ini maka ibu hamil akan terhindar dari resiko penyakit berbahaya saat hamil.

Nah, demikian manfaat buah kesemek untuk kesehatan dan ibu hamil. Meskipun buah ini sangat sulit untuk ditemukan, namun manfaatnya sangat luar biasa. Konsumsi buah ini sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menmjaga kehamilan yang sehat. Buah kesemek bisa langsung dikonsumsi ataupun dikombinasikan dengan buah lainnya dalam bentuk salad buah maupun jus buah. Penyajian tersebut tergantung selera Anda masing-masing. Yang terpenting adalah tidak merusak kandungan nutrisi dari buah tersebut.

Related Posts

Share This