Inilah Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Anda penggemar camilan yang berbahan dasar kacang? Biasanya camilan kacang-kacangan sangat cocok untuk dinikmati ketika santai atau nonton. Camilan berbahan dasar kacang bisanya disajikan dalam bentuk kacang goreng, kacang rebus maupun dibuat selai kacang. Bahkan di Indonesia, kacang tanah banyak dimanfaatkan sebagai bumbu untuk membuat makanan seperti siomay, gado-gado dan kuliner lainnya. Tahukah Anda ternyata manfaat kacang tanah sangat luar biasa untuk kesehatan?

Kacang tanah menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu nutrisi yang paling identik pada kacang-kacangan yaitu protein. Namun disamping itu, kacang tanah menyimpan beragam manfaat yang sebenarnya mungkin belum banyak orang yang mengatahuinya. Biasanya kacang tanah hanya dianggap sebagai camilan ketika santai saja. Lalu apa saja manfaat kacang tanah untuk kesehatan?

Berikut Manfaat Luar Biasa Kacang Tanah Untuk Kesehatan

  1. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Salah satu manfaat yang bisa Anda peroleh dari kacang tanah yaitu bisa mencegah penyakit batu empedu. Menurut hasil riset menunjukan bahwa mengkonsumsi 1 ons kacangĀ  tanah dalam seminggu bisa menurunkan resiko penyakit batu empedu sebesar 20%.

  1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Kacang tanah memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk meningkatkankesuburan. Dari hasil studi yang dilakukan bahwa wanita yang memiliki asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari maka akan terhindar dari resiko melahirkan bayi cacat atau prematur.

  1. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Mengkonsumsi seperempat cangkir kacang tanah bisa mencukupi kebutuhan mangan sebesar 35% dari nilai yang diperlukan oleh tubuh per harinya. Mangan merupakan salah satu mineral penting yang berperan dalam membantu metabolisme karbohidrat dan lemak, membantu penyerapn kalsium dan mengontrol kadar gula dalam darah.

  1. Melawan Depresi

Kacang tanah mengandung triptofan yang merupakan asam amino esensial untuk membantu produksi serotonin. Nah, serotonin tersebut merupakan suatu zat yang mengatur mood di dalam otak. Dengan mengkonsumsi kacang tanah maka berguna dalam meningkatkan efek antidepresan sehingga Anda kterhindar dari resiko stres dan depresi.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan niacin dan vitamin B3 pada kacang tanah bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat atau memori. Kacang tanah sering dikaitkan dengan istilah makanan tak karena manfaatnya bagi otak sangat luar biasa.

  1. Mencegah Kanke

Fitosterol ditemukan dalam kacang tanah yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan termasuk resiko penyakit kanker. Zat tersebut bisa mencegah munculnya tumor yang berpotensi manjadi kanker di dalam tubuh.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi kacang tanah secara rutin bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini karena kacang tanah memiliki kandungan senyawa antioksidan yang berguna dalamĀ  melindungi jantung dari kerusakan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517