Inilah Manfaat Daun Pepaya Untuk Wanita

Kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat buah pepaya. Padahal sebenarnya daun pepaya juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, terutama manfaat daun pepaya untuk wanita. Daun pepaya memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin D dan vitamin E. Selain itu, daun pepaya juga mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan tentunya berguna dalam mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan memelihara kesehatan jantung. Selain itu, betakaroten juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem imun.

Berbicara Masalah Manfaat Daun Pepaya Untuk Wanita, Berikut Ini Kami Merangkumnya!

  • Mengatasi nyeri haid

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri haid, daun pepaya bisa menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir rasa nyeri tersebut. Dalam hal ini Anda cukup merebus daun pepaya, lalu ktambahkan garam dan sedikit asam jawa. Rebus hingga mendidih kemudian saring. Minum air rebusan tersebut ketika Anda haid.

Selain mengatasi nyeri haid, daun pepaya berguna untuk menjaga kesehatan organ reproduksi seperti rahim dari infeksi sel kanker. Zat antioksidan pada daun pepaya berperan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bagian rahim.

  • Anti penuaan

Proses penuaan pada daranya merupakan kodrat makhluk hidup. Akan tetapi sering terjadi penuaan dini sebelum waktu yang seharusnya. Kondisi tersebut umumnya sering terjadi pada wanita. Faktor penyebabnya sangat beragam, baik itu pengaruh makanan, liingkungan ataupun faktor lainnya. Nah, untuk mencegah penuaan dini ternyata bisa menggunakan daun pepaya.

Daun pepaya mengandung banyak amino dan antioksidan untuk mencegah radikal bebas serta menutrisi kulit. Adapun penggunaannya yaitu dengan cara menghaluskan daun pepaya kemudian diolekan secara merata pada bagian kulit wajah. Disamping itu, Anda juga bisa mengekstrak daun pepaya kemudian diminum. Namun sebelum melakukan hal tersebut, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan medis.

  • Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan salah satu permasalahan yang mengganggu kulit kepala. Bagi wanita yang mengutamakan penampilan tanpa hijab, tentunya ketombe akan membuat mereka merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasinya sangat mudah, Anda cukup menggunakan daun pepaya yang direbus. Kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk keramas.

Daun pepaya mengandung senyawa karpain yang berguna untuk membersihkan ketombe, minyak dan kotoran yang menempel di kulit kepala. Jika diaplikasikan secara rutin maka akan menghilangkan ketombe secara total.

  • Menghilangkan jerawat

Masalah kulit pada bagian wajah yang satu ini dirasa cukup mengganggu penampilan, terutama bagi wanita. Penyebabnya tidak lain adalah bakteri atau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Untuk mengatasi jerawat tersebut, gunakanlah daun pepaya muda. Penggunaannya yaitu dengan cara dibuat masker wajah. Penggunaan secara rutin akanĀ  membantu menghilangkan jerawat.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk wanita. Selain dijadikan masker kulit, pengaplikasiannnya bisa dengan cara dikonsumsi sebagai lalapan ketika makan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This