Inilah Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Licopersicum esculentum atau buah tomat adalah family dari solanaceae. Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai campuran dalam membuat masakan. Tomat juga bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Manfaat buah tomat secara umum yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena tomat sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi. Selain itu, kandungan nutrisi dari buah tomat sangat bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil.

Tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil karena kandungan nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disamping itu, kandungan vitamin dalam tomat sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan janin di dalam kandungan. Tomat sangat kaya akan kandungan likopen yang berperan penting dalam menjaga kondisi tubuh ibu hamil.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Ibu Hamil

  1. Sumber vitamin C

Manfaat buah tomat untuk ibu hamil yaitu sebagai sumber vitamin C dan zat besi. Ibu hamil membutuhkan vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh selama hamil. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan zat asing yang bisa membahayakan tubuh. Vitamin C dibutuhkan untuk menunjang perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi serta pembentukan tulang. Vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi.

  1. Melengkapi kebutuhan asam folat

Seperti yang kita ketahui bahwa ibu hamil mebutuhkan asam folat dalam jumlah yang cukup banyak. Asam folat berguna untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Kekurangan asam folat bisa berdampak buruk terhadap perkembangan janin sehingga beresiko janin terlahir cacat atau prematur. Oleh karena itu ibu hamil harus mengetahui manfaat buah tomat untuk kesehatan selama hamil dan disarankan untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini secara rutin. Asam folat berperan penting dalam mencegah kelainan genetic pada janin. Selain itu untuk menunjang perkembangan dan kecerdasan otak janin.

  1. Sumber likopen

Kandungan likopen pada buah tomat sangat berlimpah. Likopen merupakan salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalani kehamilan. Likopen juga mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Pada dasarnya likopen sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Nah, itulah manfaat yang bisa Anda peroleh dari buah tomat. Meskipun buah tomat memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Namun dalam mengkonsumsi sayuran tersebut harus dilakukan secara teratur. Jangan mengkonsumsi buah tomat dalam jumlah yang berlebihan karena bisa mengakibatkan perasaan tidak nyaman pada perut. Kandungan  asam pada buah tomat bisa menyebabkan masalah pencernaan dan memperburuk kondisi gejala morning sickness pada awal kehamilan. Maka dari itu konsumsilah buah tomat dalam jumlah yang wajar untuk mendapatkan manfaat yang laur biasa selama kehamilan.

Related Posts

Share This