Inilah Manfaat Buah Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Sebagian orang menyebut trimester pertama kehamilan dengan istilah ngidam. Pada tahap awal ini biasanya ibu hamil akan mengalami gejala morning sickness yaitu mual dan muntah. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil lebih memilih mengkonsumsi makanan yang bersifat asam dan pedas. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah mangga muda. Muncul pertanyaan apakah boleh buah mangga untuk ibu hamil? Bahaya atau justru bermanfaat?

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang akan kita jumpai di daerah tropis seperti negri ini. Bagi sebagian ibu hamil, mangga muda selalu menjadi teman setia dalam menjalani kehamilan tahap awal. Rasa asam dan tekstur renyah dari mangga muda akan membantu ibu hamilm dalam mengatasi gejala morning sickness. Lalu apa saja manfaat mangga luntuk ibu hamil?

Manfaat Mangga Muda Untuk Ibu Hamil

  • Mengatasi morning sickness

Salah satu manfaat mangga untuk ibu hamil yaitu membantu mengatasi gejala morning sickness. Meskipun belum bisa dijelaskan secara ilmiah, namun banyak ibu hamil yang merasakan manfaat mangga muda dalam mengatasi mual dan muntah diawal kehamilan. Mangga muda mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengatasi mual.

  • Sumber vitamin C

Seperti halnya buah pada umumnya, mangga juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan vitamin C tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Manfaat lainnya yaitu sebagai anti-imflamasi untuk mencegah peradangan, melancarkan sirkulasi darah dan membantu penyerapan zat besi.

  • Sumber kalsium

Mangga muda merupakan sumber kalsium yang berguna bagi ibu hamil. Fungsi kalsium yaitu untuk membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Disamping itu, kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Kandungan kalsium pada buah mangga muda yaitu sekitar 1,2 – 1,8 persen.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Sembelit merupakan keluhan yang paling sering terjadi pada ibu hamil. Biasanya keluhan tersebut mulai dirasakan oleh ibu hamil memasuki usia kehamilan trimnester kedua seiring dengan perkembangan janin yang semakin membesar. Buah mangga mengandung unsur serat dan alkali yang berfungsi dalam memperlencar saluran pencernaan.

  • Menjaga tekanan darah

Kandungan mineral seperti kalium pada buah mangga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah dan menjaga irama detak jantung.

  • Mencegah cacat pada bayi

Buah mangga muda mengandung asam folat yang berguna untuk membantu pembentukan tabung saraf. Asupan asam folat yang mencukupi bermanfaat untuk mencegah cacat pada janin dan mencegah kelahiran secara prematur.

Nah, sekian manfaat buah mangga muda untuk ibu hamil. Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa, namun Anda harus mengontrol konsumsi mangga muda karena jika berlebihan bisa menyebabkan penyakit maag pada ibu hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517