Inilah Manfaat ASI Ekslusif Untuk Bayi

ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi. Hal ini karena ASI memiliki komposisi nutrisi yang lengkap untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Kandungan nutrisi tersebut tidak bisa diperoleh ataupun digantikan oleh jenis makanan lain. Pemberian ASI ekslusif sangat dianjurkan selam 6 bulan guna membantu mengoptimalkan perkembangan si kecil.

Dikenal dengan kandungan nutrisi yang lengkap, ASI juga ternyata berguna untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun si kecil. Dalam program ASI ekslusif selama 6 bulan sebaiknya tidak disertai dengan asupan makanan yang lain. Sebab manfaat ASI ekslusif untuk perkembangan bayi tidak perlu diragukan lagi.

Pemberian makanan padat baru dianjurkan setelah bayi mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan. PAda usia tersebut kebutuhan nutrisi tidak lagi sepenuhnya bisa tercukupi hanya dari ASI. Disamping itu, pada usia 6 bulan sistem pencernaan bayi sudah berkembang dengan baik sehingga sudah bisa dilatih untuk mendapatkan makanan dengan tekstur yang lebih padat.

Kesadaran para ibu harus ditumbuhkan guna menjalankan pemberian ASI secara ekslusif pada bayi selam 6 bulan. Sebab pada beberapa kasus, ada sebagian orang yang tidak memberikan ASI secara ekslusif sehingga kebutuhan nutrisi lbayi tidak terpenuhi dengan baik.

Berikut Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi

  1. Salah satu manfaat ASI ekslusif bagi bayi yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi jika si kecil mendapatkan ASI pertama setelah lahir. Perlu Anda ketahui bahwa ASI pertama memiliki kandungan kolostrum yang berfungsi sebagai zat untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Kolostrum merupakan imunisasi alami bagi bayi sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  2. Pemberian ASI secara ekslusif dapat membantu menyempurnakan perkembangan sistem pencernaan bayi.
  3. ASI membantu membantu meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan si kecil.
  4. Sumber nutrisi alami sehingga Anda tidak perlun khawatir si kecil akan kekurangan gizi selama masih mendapatkan ASI secara ekslusif.
  5. Membantu menyeimbangkan sushu tubuh bayi sehingga tidak terlalu kepanasan atau kedinginan.
  6. Menjaga cairan tubuh bayi sehingga terhindar dari dehidrasi.

Manfaat Memberikan ASI Ekslusif Bagi Ibu

Pemberian ASI ekslusif tidak hanya bermanfaat untuk bayi, akan tetapui jika hal tersebut dilakukan secara tepat maka akan berdampak positif bagi Anda. Manfaat memberikan ASI ekslusif yaitu membantu mempercepat pemulihan rahim pasca melahirkan. Hisapan bayi akan memberikan stimulus pada tubuh untuk menghasilkan hormone progesterone.

Manfaat lain menyusui yaitu menjaga berat badan ideal sehingga Anda terhindar dari obesitas pasca melahirkan. Daripada melakukan diet, alangkah lebih baiknya jika Anda memberikan ASI pada bayi selama kurun waktu 6 bulan.

Disamping itu menyusui bayi secara ekslusif dapat menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya seperti kanker payudara ataupun ovarium. Manfaat lainnya yaitu untuk memnpererat ikatan batin antara Anda dan si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517