Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Pada Waktu Menstruasi

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari rahim akibat dari peluruhan pada lapisan dinding rahim dan sel telur wanita yang tidak dibuahi. Proses menstruasi dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Pada wanita normal, mentruasi terjadi secara berkala setiap bulan. Seorang wanita biasanya akan merasa lelah dan letih ketika sedang menstruasi. Selain itu, emosi dan mood wanita yang sedang menstruasi tidak stabil dan lebih sensitif.

Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Pada Waktu Menstruasi

Gejala yang dirasakan pada waktu menstruasi yaitu pusing, rasa nyeri dan kram perut. Hal ini tentunya membuat perasaan wanita menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut sebagian wanita biasanya mengkonsumsi obat-obatan atau makanan yang bisa meredakan rasa sakit. Akan tetapi perlu diketahui bahwa mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit pada waktu haid itu tidak sepenuhnya aman.

Beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Pada Waktu Menstruasi

Makanan yang memiliki kandungan kafein

Jenis makanan pertama yang sebaiknya dihindari pada waktu menstruasi yaitu makanan yang mengandung kafein. Makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga akan mengakibatkan dehidrasi. Kekurangan cairan (dehidrasi) pada waktu menstruasi adalah salah satu penyebab pusing dan sakit kepala.

Makanan yang digoreng dan dipanggang

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng alangkah lebih baiknya dihindari pada waktu menstruasi. Hal ini karena makanan yang digoreng mengandung banyak lemak tinggi sehingga akan meningkatkan hormon estrogen. Kadar hormon estrogen yang meningkat akan menyebabkan rasa nyeri dan kram perut.

Selain makanan yang digoreng, pada waktu menstruasi juga sebaiknya menghindari makanan yang dimasak dengan cara dipanggang. Hal ini karena makanan yang dipanggang mengandung lemak trans yang tinggi dan merupakan pemicu meningkatnya hormone estrogen.

Makanan olahan

Makanan olahan yang harus dihindari pada waktu menstruasi yaitu makanan olahan dalam kaleng. Hal ini karena makanan kaleng biasanya mengandung sodium yang bisa menyebabkan pembengkakan pada tubuh. Selain itu, makanan seperti biji-bijian yang diolah sebaiknya dihindari karena kandungan gula pada biji-bijian yang sudah melalui proses pengolahan sangat tinggi. Peningkatan kadar gula darah selama menstruasi bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan.

Makanan yang manis

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula selama mentruasi sangat tidak dianjurkan. Kadar gula darah yang meningkat akan menyebabkan perubahan emosional seperti mudah marah dan lebig sensitif.

Makanan cepat saji

Wanita yang sedang menstruasi sebaiknya menghindari makanan cepat saji karena makanan tersebut mengandung lemak trans yang tidak baik untuk kesehatan. Lemak trans pada makanan cepat saji akan meningkatkan kolesterol sehingga akan berpengaruh buruk pada tingkat kesuburan. Selain itu, lemak trans akan memicu peningkatan estrogen yang bisa menyebabkan rasa nyeri dank ram perut pada waktu menstruasi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517