Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Wanita Yang Menderita Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan tumor jinak yang tumbuh pada ovarium berupa kantong yang berisi cairan abnormal. Penyakit ini sering disebut dengan istilah silent killer. Hal ini karena gejala dari penyakit tersebut sulit untuk terdeteksi. Kista ovarium sangat berbahaya bagi wanita karena bisa mempengaruhi tingkat kesuburan dan apabila sudah parah bisa menimbulkan kematian. Meskipun pada sebagian kasus, jenis kista ini akan menyusut dan hilang dengan sendirinya.

Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Wanita Yang Menderita Kista Ovarium

Wanita yang menderita kista ovarium biasanya akan mengalami menstruasi yang abnormal dan merasakan sakit pada bagian bawah perut. Kista ovarium apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya seperti kanker ovarium. Kista ovarium bisa dicegah sejak dini dengan cara menerapkan kebiasaan dan gaya hidup yang sehat. Selain itu, untuk mencegah penyakit tersebut Anda juga harus memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari.

Hindari mengkonsumsi daging

Bagi Anda yang sedang melakukan terapi atau pengobatan kista ovarium sebaiknya menghindari konsumsi daging. Hal ini karena akan memperburuk kondisi dan menghambat proses penyembuhan. Daging yang tidak boleh dikonsumsi yaitu daging hewan ternak ataupun unggas yang biasanya disuntik zat kimia untuk mempercepat pertumbuhan dan menambah bobot.

Jangan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, terlebih bagi wanita yang mengidap kista ovarium. Mengkonsumsi minuman alkohol dan bersoda akan memperparah kondisi penderita kista dan akan menghambat proses penyembuhan. Maka dari itu, hindari mengkonsumsi minuman yang tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan.

Hindari mengkonsumsi makanan berpengawet

Bagi penderita kista ovarium dan sedang menjalani terapi pengobatan sebaiknya menhindari makanan yang berpengawet. Makanan yang diawetkan memiliki kandungan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan, apalagi bagi penderita kanker ovarium. Zat pengawet merupakan salah satu yang memicu pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Jangan mengkonsumsi seafood

Pada dasarnya seafood merupakan salah satu ejnis makanan yang tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Bagi penderita kista ovarium sebaiknya mengurangi konsumsi seafood. Hal ini karena seafood mengandung lemak yang tidak sehat sehingga apabila dikonsumsi oleh penderita kista maka akan memperparah keadaan.

Hindari mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran tertentu

Buah-buahan memang baik untuk kesehatan, akan tetapi bagi penderita kista ovarium ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa memperburuk kondisi kesehatan. buah yang tidak boleh dikonsumsi yaitu nanas, durian, nangka dan lengkeng. Buah nangka dan lengkeng mengandung senyawa yang berpotensi memicu pertumbuhan sel kanker. Selain itu, buah ini juga akan membuat kista ovarium berkembang semakin parah. Selain itu buah nanas dan durian tidak boleh dikonsumsi karena mengandung alkohol yang bisa mengakibatkan sel kanker semakin berkembang.

Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kista ovarium yaitu kangkung dan sawi putih. Hal ini karena sayuran tersebut akan menetralisir dan mengurangi efektivitas obat yang dikonsumsi selama pengobatan. Selain itu, penderita kista ovarium sebaiknya jangan mengkonsumsi tauge karena bisa membuat pertumbuhan kista semakin berkembang lebih parah.

Hindari konsumsi kedelai

Makanan selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kista selama masa pengobatan yaitu kacang kedelai. Mengapa demikian? Hal ini karena kandungan senyawa fitoestrogen pada kacang kedelai bisa memicu terjadinya peningkatan hormone estrogen. Apabila produksi hormone estrogen berlebih maka akan memperburuk keadaan dan menghambat penyembuhan kista tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui, produksi estrogen yang berlebih merupakan pemicu awal terjadinya kista ovarium pada seorang wanita.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517