Inilah Khasiat dan Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan masyarakat di Negri ini. Buah pisang memiliki rasa yang manis dan khasiat luar biasa untuk kesehatan. Buah pisang mengandung beragam nutrisi seperti vitamin dan mineral. Nah, selain buahnya ternyata manfaat daun pisang juga tidak kalah pentingnya untuk kesehatan.

Daun pisang biasanya hanya digunakan untuk membungkus makanan. Tahukah Anda jika penganan atau makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang akan memiliki citarasa yang berbeda. Aroma khas dari daun pisang akan menambah citarasa pada makanan. Hal ini karena daun pisang mengandung polifenol yang merupakan zat seperti yang terdapat pada daun the. Polifenol tersebut yang memberikan aroma khas pada makanan.

Berikut Ini Manfaat Daun Pisang Bagi Kesehatan

  • Penghilang Demam

Salah satu manfaat daun pisang bagi kesehatan yaitu untuk meredakan demam. Cara penggunaannya terbilang cukup mudah yaitu denganĀ  mengambil sehelai daun pisang kemudian bersihkan dan oleskan minyak kelapa secara merata pada daun pisang. Kemudian tempelkan daun pisang tersebut pada bagian dahi.

  • Memperbaiki sel kulit

Manfaat daun pisang untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu mengganti sel-sel kulit yang mati. Dengan kata lain daun pisang memiliki senyawa allantolin yang berkhasiat untuk meregenerasi sel kulit. Selain untuk kecantikan kulit, ternyata senyawa tersebut bisa membantu menyembuhkan bekas luka dengan sangat cepat.

  • Mengatasi peradangan pada kulit

Permasalahan yang sering terjadi pada kulit yaitu iritasai dan peradangan. Nah, cara mudah untuk mengatasi peradangan yaitu dengan menggunakan daun pisang sebagai salep atau pelembab alami. Caranya yaitu dengan mengeskstrak daun pisang kemudian tambahkan minyak zaitun secukupnya dan oleskan pada kulit yang terkena peradangan.

  • Obat ketombe

Daun pisang ternyata ampuh untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Cara pengaplikasiannya sangat mudah yaitu dengan membuat jus daun pisang kemudian gunakan secara teratur pada pada saat keramas. Penggunaan rutin dan teratur akan membantu mengatasi ketombe di kulit kepala.

  • Mengobati gigitan serangga

Daun pisang bisa dijadikan sebagai ramuan alami untuk mengobati gigitan nyamuk. Hal ini karena daun pisang megandung antioksidan alami dalam kadar cukup tinggi sehingga bisa mengobati gigitan semut dan jenis serangga lainnya. Secara umum daun pisang mampu mengatasi iritasi pada kulit.

Demikian beberapa manfaat daun pisang untuk kesehatan. Sebelum menggunakan ramuan tradisional ini pastikan daun pisang dibersihkan terlebih dahulu sehingga aman untuk digunakan. Pilihlah daun pisang yang terhindar dari paparan pestisida sehingga aman dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan lain. Semoga ulasan dari artikel yang penulis sajikan bisa menjadi sumber informasi serta referensi yang bermanfaat bagi Anda.

Related Posts

Share This