Inilah Khasiat dan Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan

Bunga sepatu merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan di Negri ini. Bunga sepatu cenderung lebih menyukai tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Banyak orang yang menanam buang sepatu sebagai hiasan di pekarangan rumah karena memiliki warna bunga yang cerah. Namun tahukah Anda selain bunganya indah, ternyata manfaat bunga sepatu untuk kesehatan juga sangat banyak.

Bunga sepatu tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk tanaman hias saja, melainkan bisa juga dijadikan sebagai teh herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Memang pengolahan teh bunga sepatu ini belum banyak orang yang mengetahuinya sehingga belum banyak yang memanfaatkan tanaman yang satu ini.

Pembuatan teh bunga sepatu memanfaatkan bagian kelopak bunga. Meskipun rasanya tidak seenak the pada umumnya, akan tetapi manfaat dari teh bunga osepatu tidak perlu diragukan. Jika dikonsumsi secara teratur maka mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya. Bahkan secara perlahan teh ini mampu meredakan gejala penyakit yang sedang Anda derita.

Berikut Ini Manfaat Yang Bisa Anda Peroleh Dari Bunga Sepatu

  1. Mengatasi Kolesterol

Salah satu manfaat bunga sepatu untuk kesehatan yaitu mampu mengatasi kolesterol. Menurut hasil riset pakar kesehatan menemukan bahwa teh bunga sepatu memiliki manfaat baik HDL dan LDL. Jika dikonsumsi secara teratur dan dengan porsi yang tepat maka akan membantu membersihkan kolesterol dari dalam darah. Manfaat jangka panjangnya tentu saja bisa mencegah penyakit stroke ataupun jantung koroner. Selain itu, hal ini sangat kbagus untuk kadar gula darah yang sehat.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap penderita penyakit hipertensi ditemukan bahwa setelah mengkonsumsi teh bunga sepatu keadaannya membaik. Terjadi penurunan yang signifikan setelah beberapa hari mengkonsumsi ramuan herbal tersebut. Hal ini tentunya terdapat hubungan yang bermanfaat antara mengkonsumsi teh bunga sepatu secara rutin dengan penurunan tekanan darah.

  1. Antikanker

Teh bunga sepatu ternyata mengandung antioksidan cukup tinggi dalam bentuk flavonoid, catechin dan anthocyanin. Kandungan antioksidan pada teh bunga sepatu lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan pada teh hijau. Antioksidan tersebut tentunya berfungsi sebagai antikanker. Diamping itu, antioksidan berfungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih tahan tehadap penyakit berbahaya terutama kanker.

Luar biasa sekali bukan manfaat teh bunga sepatu? Tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan ramuan herbal yang banyak terdapat disekitar kita, daripada menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia tentunya bisa menimbulkan efek samping.

Untuk memastikan khasiat dari teh bunga sepatu ini maka lebih lanjutnya Anda bisa berkonsultasi dengan pakar kesehatan atau gizi. Dengan begitu ramuan herbal yang Anda gunakan bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan mencegah penularan penyakit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517