Inilah Jenis Penyakit Pada Bayi Baru Lahir yang Harus Diwaspadai

Merawat bayi yang baru lahir bisa terbilang sebagai salah satu hal yang gampang-gampang susah. Hal ini terkait dengan sistem imun tubuh bayi yang baru lahir yang masih terbilang sangat rendah sehingga rentan terhadap infeksi bakteri penyakit. Bayi yang baru lahir memerlukan penjagaan dan control khusus. Hal ini untuk mencegah datangnya bahaya penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang.

Penyakit pada bayi baru lahir sangat bermacam-macam seperti ruam, masalah pencernaan, penyakit kuning dan lain sebagainya. Gangguan kesehatan pada bayi baru lahir harus mendapatkan penanganan yang tepat supaya tidak menghambat tumbuh kembangnya.

Inilah Beberapa Jenis Penyakit Pada Bayi Baru Lahir

  1. Penyakit Kuning

Penyakit kuning pada bayi baru lahir merupakan salah satu yang paling umum terjadi. Hampir semua bayi mengalami gangguan kesehatan ini. Apa sebenarnya penyebab penyakit kuning? Munculnya penyakit kuning pada bayi yang baru lahir akibat peningkatan kadar bilirubin pada minggu pertama setelah kelahiran. Namun bilirubin akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Untuk menyeimbangakan kadar bilirubin sebaiknya berikan ASI untuk bayi. Jangan menyepelekan penyakit kuning pada bayi sebab bisa menghambat tumbuh kembanganya. Segera lakukan penanganan yang baik dan periksakan ke dokter.

  1. Penyakit Hemolitik

Penyakit yang satu ini terbilang berbahaya karena adanya masalah darah antara bayi dan sang ibu. Penyebabnya yitu perbedaan rhesus dari golongan darah  bayi dan ibunya. Nah, perbedaan tersebut yang akan mengakibatkan kesalahan pada sistem imun yang masuk ke plasenta justru akan menyerang sel darah merah pada bayi yang baru lahir.

  1. Gangguan Pencernaan

Bayi yang baru lahir sebaiknya jangan  diberikan asupan makanan selain ASI. Hal ini karena sistem pencernan pada bayi belum sepenuhnya berfungsi untuk mencerna makanan selain ASI. Masalah kesehatan jika memberikan selainASI yaitu terjadi gangguan pencernaan pada bayi. Oleh karena itu sebaiknya berikan ASI ekslusif selama 6 bulan tanpa campur tangan makanan lain.

  1. Hipotiroid

Ini merupakan salah satu penyakit pada bayi baru lahir yang jarang diketahui oleh kebanyakan orangtua. Apabila tidak segera ditangani maka sangat berpotensi menyebabkan masalah perkembangan pada bayi. Kekurangan tiroid pada bayi biasanya ditandai dengan jarang menangis atau sembelit. Penyakit ini membutuhkan penanganan medis.

  1. Ruam

Iritasi kulit memang menjadi masalah kesehatan yang lumrah terjadi pada bayi yang baru lahir. Hal ini karena kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitive dan juga tipis sehingga jika kebersihan atau kelembaban kulitnya tidak dijaga maka sangat berpotensi terhadap ruam. Biasanya area kulit yang rentan iritasi yaitu pada bagian selangkangan atau area yang tertutup popok. Oleh karena itu perhatikan kebersihan dan kelembaban kulit bayi supaya tidak menyebabkan ruam.

Demikian beberapa jenis penyakit yang biasa terjadi pada bayi yang baru lahir. Perhatikan kesehatan bayi yang baru lahir dengan baik, mulai dari kebersihan pakaian dan juga kulit si kecil. Jangan sembarangan memberikan produk perawatan pada bayi sebab bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang sangat serius.

Jika terjadi gangguan kesehatan maka sebaiknya segera berikan penanganan yang tepat dan juga periksakan ke dokter. Jangan menyepelekan masalah kesehatan pada bayi meskipun terbilang ringan namun bisa berkembang dan juga berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Kesehatan adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan bayi. Jika kesehatannya terganggu maka tumbuh kembangnya tidak akan berjalan normal. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517