Inilah Jenis Obat Alami Untuk Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita sebagai bentuk sekresi vagina. Dalam hal ini keputihan tergolong ke dalam dua kelompok yaitu keputihan fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis pada dasarnya keputihan normal dan tidak berbahaya. Sedangkan jika keputihan bersifat patologis maka perlu diwaspadai karena bisa membahayakan kesehatan reproduksi wanita. Dalam hal ini penting sekali bagi wanita mengetahui obat untuk keputihan yang bersifat aman dan alami.

Keputihan dianggap berbahaya jika warnanya tidak biasa yaitu kuning kehijauan serta mengeluarkan bau busuk. Selain itu, keputihan ini biasanya menyebabkan gatal pada organ intim wanita. Kondisi tersebut harus segera ditangani dengan cara yang benar sehingga tidak akan mengakibatkan gangguan yang lebih parah lagi.

Berikut Obat Alami Untuk Mengatasi Masalah Keputihan

  • Akar mawar

Salah satu obat keputihan pada wanita yaitu dengan menggunakan ramuan akar mawar. Cara membuat ramuan yang satu ini tergolong sangat mudah. Caranya yaitu ambil akar mawar, cuci bersih, kemudian rebus dengan menggunakan air bersih. Air rebusan tersebut diminum secara teratur dan rutin. Jika dilakukan dengan baik maka akan membantu mengurangi rasa gatal pada bagian organ intim.

  • Bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat yang luar biasa dalam menyembuhkan infeksi akibat bakteri/jamur pada area vagina. Bawang putih terbukti ampuh untuk menyembuhkan keputihan. Cara yaitu dengan mengupas bawang putih kemudian potong menjadi dua bagian. Ketika Anda akan tidur, maka letakkan bawang tersebut diatas vagina dan biarkan sampai pagi.

  • Daun sirih

Obat alami yang satu ini cukup manjur untuk mengatasi keputihan. Caranya yaitu rendam beberapa helai daun sirih, gunakan air rendaman tersebut untuk membersihkan vagina. Kandungan senyawa pada daun sirih bisa membantu menghilangkan jamur penyebab keputihan.

  • Kunyit

Rempah ini biasanya digunakan dalam setiap masakan. Namun ternyata kunyit bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi keputihan. Caranya yaitu dengan merebus kunyit, tambahkan buah asam, gula aren dan daun beluntas. Air rebusan disaring untuk kemudian diminum secara rutin.

  • Akar bayam

Selain daunnya mengandung banyak vitamin, ternyata akar bayam sangat ampuh untuk mengatasi keputihan. Akar bayam memiliki sifat sebagai antibakteri untuk mengatasi bakteri pada area kewanitaan. Rebus akar bayam dan minum air rebusan tersebut secara teratur.

  • Biji mangga dan ketumbar

Obat alami untuk keputihan yang selanjutnya yaitu biji mangga dan ketumbar. Caranya oyaitu dengan merendam biji ketumbar selama satu malam kemudian di minum air rendamannya. Untuk biji mangga yaitu dengan cara di keringkan kemudian giling hingga hancur dan menjadi serbuk. Campurkan bubuk tersebut dengan air secukupnya menjadi sebuah adonan. Penggunaannya yaitu dengan cara dioleskan pada vagina.

Related Posts

Share This