Inilah Jenis Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Kehamilan 5 bulan merupakan momen dimana Anda sudah melewati setangah dari masa kehamilan. Pada periode hamil 5 bulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kesehatan Anda dan tumbuh kembang janin.

Pentingnya menjaga kesehatan selama hamil terkait dengan tumbuh kembang janin. Jika kondisi kesehatan ibu hamil terganggu maka secara tidak langsung akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan juga perkembangan janin didalam kandungan.

Segala hal yang terjadi pada ibu hamil akan dirasakan oleh janin. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan memberikan pengaruh terhadap si kecil didalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil harus senatiasa memperhatikan kesehatan dari berbagai aspek sehingga nantinya tidak akan mengganggu janin.

Dalam upaya untuk menjaga kesehatan selama hamil sebaiknya Anda memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Penuhi kebutuhan nutrisi untuk janin yang meliputi asam folat, vitamin, protein, lemak, kerbohidrat, mineral dan nutrisi penting lainnnya.

Semua Jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh janin bisa dengan mudah Anda peroleh dari jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan, telur dan jenis makanan bergizi lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa nutrisi yang diperlukan pada kehamilan 5 bulan.

Asam Lemak Omega-3

Nah, salah satu jenis nutrisi yang diperlukan ibu hamil 5 bulan yaitu asam lemak omega-3. Perkembangan bayi pada periode hamil 5 bulan semakin pesat terutama pada bagian otak. Untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan di usia 5 bulan sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

Penuhi kebutuhan omega-3 minimal 500 gram per harinya. Asam lemak omega-3 bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan salmon,  makarel, tuna, sarden, buah alpukat, susu, sayuran berdaun hijau, keju dan kacang-kacangan.

Kalsium

Pada usia kehamilan 5 bulan, penuhi kebutuhan kalsium untuk membantu mengoptimalkan pembentukan dan perkembangan tulang janin. Bahkan kalsium juga dibutuhkan untuk pembentukan cikal bakal gigi pada janin.

Asupan kalsium pada usia kehamilan 5 bulansangat penting untuk dipenuhi dengan baik. Kalsium bisa diperoleh dengan mudah dari susu, produk olahan susu, kacang-kacangan, sayuran dan juga buah-buahan tertentu.

Namun dalam mengkonsumsi susu, pastikan bahwa susu tersebut sudah melalui proses pasteurisasi supaya tidak membahayakan kesehatan janin. Susu tanpa pasteurisasi dikhawatirkan mengandung sejumlah bakteri yang bisa menginfeksi janin.

Vitamin A

Selain omega-3 dan kalsium, pada kehamilan 5 bulan sebaiknya perhatikan kebutuhan vitamin A. Jenis nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kesehatan indera penglihatan ibu hamil dan juga menunjang perkembangan mata pada janin.

Vitamin A bisa diperoleh dari jenis sayuran terutama yang berwarna cerah seperti wortel atau tomat. Selain itu, vitamin A juga tersedia pada makanan seperti hati ayam atau sapi. Kebutuhan vitamin A memang sangat penting mengingat perannya sangat penting untuk janin dan juga kesehatan ibu hamil.

Nah, itulah beberapa jenis nutrisi yang sebaiknya dipenuhi selama usia kehamilan 5 bulan. Asupan nutrisi memegang peranan penting untuk tumbuh kembang janin. Disamping itu, makanan yang bergizi berguna dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Disamping memperhatikan asupan makanan yang bergizi, penuhi juga kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih. Lakukan juga olahraga khusus ibu hamil guna menjaga kebugaran tubuh selama hamil. Jenis latihan ringan yang bisa Anda lakukan meliputi jalan kaki santai, senam yoga ataupun latihan meditasi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517