Inilah Jenis Makanan Sehat Yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil 9 Bulan

Kehamilan merupakan masa-masa yang sangat penting bagi pasangan suami isteri yang baru saja menikah. Sewaktu masa kehamilan disarankan bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanan yang bergizi dan menjaga kesehatan. Hal ini karena semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan diserap oleh janin dan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Pentingnya menjaga kehamilan tidak saja pada periode awal, akan tetapi hal tersebut harus dilakukan sampai tahap akhir dan persalinan. Ketika memasuki trimester ketiga atau kehamilan 9 bulan, ibu hamil terkadang merasakan kecemasan dan berbagai macam keluhan. Salah satunya yaitu sesak nafas akibat dari perkembangan janin yang semakin menekan diafragma ibu hamil.

Makanan Ibu Hamil 9 Bulan

Menjaga kesehatan pada tahap akhir kehamilan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hal yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Usia kehamilan 9 bulan merupakan tahapan yang membutuhkan banyak asupan nutrisi. Hal ini karena perkembangan bayi yang membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Beberapa Jenis Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil 9 Bulan

  • Madu

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang perkembangan janin dan menjaga kebugaran tubuh selama menjalani kehamilan. Madu merupakan salah satu sumber makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil 9 bulan. Madu adalah salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi. Seperti yang kita ketahui kalau zat besi diperlukan oleh tubuh untuk mencegah resiko penyakit anemia. Kekurangan zat besi selama hamil akan berakibat fatal bagi perkembangan janin karena tidak mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang mencukupi.

  • Kurma

Kurma bermanfaat bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalori. Selain itu, kurma juga berguna untuk memperlancar aliran oksigen dari ibu hamil menuju janin. Aliran oksigen yang lancar akan menunjang perkembangan janin. Hal ini karena janin akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk setiap tahap perkembangannya. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kurma secara rutin setiap hari.

  • Brokoli

Kandungan berbagai macam nutrisi pada brokoli sangat bermanfaat untuk menunjang perkembangan janin dan membantu mempersiapkan nutrisi bagi ibu hamil menjelang persalinan. Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran yang satu ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, zat besi dan asam folat. Selain menunjang perkembangan janin, brokoli juga berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit anemia selama masa kehamilan terutama pada usia kehamilan 9 bulan.

  • Pisang

Buah pisang bisa dijadikan sebagai menu sarapan bagi ibu hamil 9 bulan. Pisang mengandung zat besi dan beberapa mineral. Mengkonsumsi pisang secara rutin akan mencegah anemia pada ibu hamil dan mencegah kehilangan banyak darah ketika persalinan.

  • Bayam

Mengkonsumsi bayam secara rutin selama masa kehamilan akan bermanfaat dalam mempersiapkan persalinan. Bayam memiliki banyak kandungan zat besi yang berguna untuk mencegah penyakit anemia pada ibu hamil menjelang persalinan dan meminimalisir kehilangan banyak darah pada waktu melahirkan.

Pada usia kehamilan 9 bulan ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatan dan memperhatikan asupan nutrisi. Selain itu ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh supaya terhindar dari dehidrasi dan melancarkan aliran darah menjelang persalinan. Menjaga asupan makanan sangat erat kaitannya dengan menjaga berat badan. Ibu hamil disarankan untuk menjaga berat badan untuk membantu melancarkan proses persalinan. Apabila berat badan terlalu berlebih maka akan berpengaruh terhadap kesehatan janin dan menghambat proses persalinan. Begitu pun sebaliknya dengan berat badan yang terlalu kurus akan menghambat pada proses persalinan. Oleh karena itu Ibu hamil harus senantiasa menjaga berat badan ideal dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

Related Posts

Share This