Inilah Jenis Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi tidak boleh dianggap sepele karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain. Bahkan pada kondisi yang lebih parah bisa mengakibatkan serangan jantung mendadak dan berujung kematian. Banyak faktor penyebab darah tinggi, salah satunya yaitu faktor makanan dan kondisi pikiran.

Beberapa jenis makanan terkadang bisa memicu dan menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Maka dari itu dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan. Terlebih lagi bagi Adan yang memiliki riwayat penyakit tersebut. Pola hidup sehat seseorang tentunya akan menentukan kesehatan tubuhnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pola hidup yang kurang sehat akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Mengkonsumi makanan sembarangan maka secara perlahan akan menggerogoti kesehatan Anda., termasuk menyebabkan hipertensi. Maka dari itu mulailah untuk menerapkan kebiasaan baik dalam kehidupan Anda demi terwujudnya tubuh dan jiwa yang sehat.

Berikut Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi

  1. Makanan yang mengandung lemak/kolesterol

Salah satu jenis makanan penyebab darah tinggi yaitu makanan yang mengandung lemak jahat/kolesterol. Contoh makanan yang mengandung kolesterol yaitu jeroan sapid an kambing. Daging kambing, makanan cepat saji seperti pizza, sosis dan hamburger. Selain menyebabkan tekanan darah tinggi, makanan tersebut juga bisa menjadi pemicu penyakit lain seperti serangan jantung.

  1. Garam

Makanan yang mengandung banyak garam sebaiknya dihindari karena merupakan salah satu penyebab terjadinya darah tinggi. Bagi Anda yang memiliki riwayat darah tinggi sebaiknya membatasi konsumsi garam setiap harinya sehingga dengan begitu penyakit tersebut tidak akan membahayakan kesehatan Anda. Perlu Anda ketahui kbahwa kadar garam terlalu tinggi yang masuk kedalam tubuh akan menyebabkan ginjal menahan garam tersebut sehingga hal ini mengharuskan jantung untuk bekerja ekstra.

  1. Kafein dan alkohol

Minuman yang mengandung kafein dan alkohol terkadang membuat seseorang menjadi ketagihan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait tekanan darah tinggi maka sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi jenis minuman tersebut. Kebiasaan mengkonsumi minuman tersebut kana menyebabkan kinerja jantung lebih cepat sehingga tekanan darah tidak terkontrol.

  1. Gula

Makanan ataupun minuman yang mengandung kadar gula berlebih sebaiknya Anda jauhi. Mengapa demikian? Hal ini karena gula berlebih menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit hipertensi. Selain itu, makanan dengan kandungan gula tinggi bisa mengakibatkan kelebihan berat badan atau obesitas sehingga beresiko menyebabkan tekanan daerah tinggi atau serangan jantung.

Nah, demikian sebagian kecil dari daftar makanan penyebab tekanan darah tinggi. Sebisa mungkin Anda harus bisa mengontrol an memberi batasan dalam mengkonsumsi setiap jenis makanan yang dianggap bisa memicu penyakit berbahaya tersebut. Selain itu, untuk menghindari penyakit tersebut sebaiknya Anda rutin untuk berolahraga.

Related Posts

Share This