Inilah Gejala Rematik yang Harus Anda Waspadai!

Gejala rematik. Rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang pastinya menyebabkan rasa sakit yang dikarenakan sejumlah otot atau bahkan persendian yang memang mengalami peradangan juga pembengkakan. Rematik sendiri terbagi menjadi beberapa jenis serta bisa menjangkit persendian manapun pada bagian tubuh.

Nah, penting untuk Anda ketahui, bahwa ada lebih dari 100 jenis rematik yang bisa menyerang Anda kapan saja, dan berikut ini hanya ada beberapa jenis rematik yang memang paling umum terjadi, yaitu sebagia berikut:

  1. Rheumatoid arthritis
  2. Osteoartritis
  3. Sindrom Sjogren
  4. Lupus
  5. Ankylosing spondylitis

Rematik merupakan penyakit yang ringan jika penyakit ini segera di atasi sejak awal dan bisa dengan mudah sembuh. Namun akan menjadi hal yang berbeda jika kondisi atau penyakit rematik ini Anda biarkan tanpa adanya penanganan yang serius. Dan berikut ini beberapa gejala rematik yang harus Anda ketahui agar Anda bisa segera mengatasinya sebelum rematik ini berubah menjadi jenis penyakit yang berbahaya, yaitu sebagai berikut:

  1. Munculnya pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri di bagian sendi yang sama di kedua sisi bagian tubuh, dan sebagian besar jenis penyakit ini akan menyerang sendi pergelangan tangan.
  2. Ketika Anda terserang penyakit rematik, Anda juga kerap kali akan mengalami yang namanya kaku di bagian persendian, baik itu di bagian tangan, kaki, pinggang dan masih banyak lagi.
  3. Bahkan, Anda juga kerap kali merasakan sakit atau bahkan peradangan yang juga disertai pembengkakan di bagian persendian, seperti persendian pergelangan jari, tangan, bahu, kaki, dengkul atau lutut, sekitaran leher, pingggang juga punggung.
  4. Anda juga kerap kali mengalami pembengkakan di 3 bagian atau bahkan lebih sendi di waktu yang bersamaan.
  5. Biasanya rematik yang menyerang Anda akan berpindah-pindah tempat juga bergantian, bahkan bisa Anda alami secara bersamaan di berbagai persendian.
  6. Biasanya, Anda juga akan mengalami bengkak yang umumnya terjadi di bagian sendi-sendi tangan Anda.
  7. Umumnya rematik ini akan kambuh ketika cuaca tengah mendung atau ketika hujan. Bahkan, bisa menyerang Anda setelah Anda mengkonsumsi berbagai makanan yang bisa menyebabkan rematik.

Nah, itulah beberapa gejala awal penyakit rematik yang memang harus dan wajib Anda ketahui agar Anda tidak salah mengira penyakit yang Anda alami.

Dan jika Anda sudah merasakan adanya beberapa gejala di atas, maka Anda dianjurkan untuk segera melakukan pencegahan sejak dini terhadap penyakit ini. Cara yang bisa Anda lakukan guna mencegah penyakit ini yaitu menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, perhatikan asupan gizi yang seimbang, rutini berolahraga, istirahat yang cukup, dan masih banyak lagi hal-hal yang memang bisa Anda lakukan guna mencegah rematik.

Related Posts

Share This