Inilah Gejala Liver yang Perlu Anda Ketahui

Hati merupakan salah satu organ dalam yang sangat penting bagi tubuh. Kesehatan hati sangat menentukan kesehatan tubuh dan organ lainnya. Jika hati mengalami gangguan maka hal ini sangat rentan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya dan bahkan berisiko menyebabkan kematian. Seperti yang kita ketahui bahwa hati berfungsi untuk menyaring darah atau racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu hati memperoduksi hormone dan juga menyimpan energy serta menghasilkan senyawa yang memungkinkan usus untuk mencerna makanan dengan baik. Itu hanya sebagian kecil dari fungsi hati untuk tubuh.

Mengingat hati memiliki peran yang sangat penting maka masalah pada hati bisa menjadi salah satu hal yang berisiko. Masalah pada hati mungkin akan langsung terasa gejalanya. Namun sayangnya banyak orang yang tidak menyadari akan adanya gangguan kesehatan pada hati. Salah satunya ketika gangguan pada hati seperti penyakit hepatitis C, sebagian orang mungkin tidak menyadarinya dan baru merasa setelah gejalanya semakin parah.

Berikut Ini Gejala Liver yang Harus Anda Ketahui

  1. Perut Bengkak dan Sakit

Nah, salah satu gejala liver yaitu perut bengkak dan terasa sakit. Selain itu pegal pada bagian kanan atas perut. Kondisi ini berbahaya jika dibiarkan. Segera berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari gejala yang semakin parah dan menyebabkan kerusakan hati.

  1. Nyeri Sendi

Penyakit pada hati seperti hepatitis bisa ditandai dengan nyeri sendi, sering lelah, mual, muntah dan nafsu makan menurun secara drastis. Hepatitis autoimun merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan sistem imun tubuh menyerang sel atau jaringan pada hati. Dengan kata lain sistem imun tubuh menjadi keliru dan justru menyerang organ hati Anda sendiri.

  1. Mata dan Kulit Menguning

Bilirubin merupakan sisa produk hasil pemecahan sel-sel darah merah yang sudah menua. Nah, dalam hal ini hati memiliki tugas untuk menyaring dan membuang zat sisa tersebut. Namun jika hati mengalami gangguan maka hal ini akan menyebabkan hati tidak bisa membuang zat sisa tersebut sehingga efeknya pada kulit dan mata yang menguning. Bahkan warna urin dan kotoran berubah menjadi gelap keruh. Hal ini sebagai tanda bahwa hati Anda mengalami kerusakan.

  1. Bercak Pada Kulit

Akibat hati yang tidak bisa menyaring darah dengan benar maka hal ini akan menimbulkan noda pada kulit. Biasanya muncul bercak darah berwarna hitam pada bagian dada atau permukaan kulit yang lainnya.

  1. Lemah Otot

Tanda masalah pada hati yang selanjutnya yaitu otot menjadi lemah. Selain itu pergelangan kaki bengkak, perut membesar dan lengan menjadi lemah. Hal ini akibat adanya ketidakseimbangan dari cairan yang tidak melalui proses penyaringan pada hati.

  1. Kebingungan

Jika hati tidak berfungsi dengan baik maka akan mengakibatkan terjadinya penumpukan zat tembaga didalam darah dan juga pada otak. Kondisi seperti ini yang memicu seseorang penderita liver menjadi kebingungan atau hampir serupa dengan gejala Alzheimer. Biasanya kondisi ini akan muncul pada kondisi stadium lanjut atau sudah parah.

Nah, demikian beberapa gejala khas dari penyakit liver atau hati. Sebaiknya Anda menjaga kesehatan hati dengan mengkonsumsi makanan sehat. Hindari konsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang sebab hal ini akan menjadikan kinerja hati semakin berat dan berisiko terjadi kerusakan. Disamping itu, sebaiknya juga jangan terlalu banyak minum sebab bisa berisiko menyebabkan kerusakan hati. Minumlah secukupnya dan perhatikan pola makan sehat dan jangn lupa olahraga.

Related Posts

Share This