Inilah Faktor Penyebab Karies Gigi Pada Anak

Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sejak dini. Gigi adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam sistem pencernaan. Gigi berfungsi untuk memotong dan menghaluskan makanan sebelum akhirnya masuk kedalam lambung. Proses mengunyah makanan yang baik akan memudahkan lambung dalam memproses makanan sehingga hal ini akan berdampak baik terhadap proses penyerapan nutrisi kedalam tubuh.

Karies gigi merupakan salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada anak-anak akibat dari kebiasaan mengkonsumsi makanan manis dan jarang sikat gigi. Yang paling identik terjadi pada anak balita yaitu karies botol. Hal ini disebabkan akibat sering minum susu menggunakan botol pada usia balita. Kebiasaan yang tidak tepat adalah yang menyebabkan si kecil rentan terkena karies gigi.

Kebiasaan memberikan susu botol sebelum tidur dan tidak membersihkan gigi si kecil sangat rentan menyebabkan karies gigi. Kandungan gula pada susu yang diminum oleh si kecil menjelang tidur akan mengendap dan menjadi asam yang secara perlahan merusak gigi. Biasanya karies gigi/gigi berlubang sering terjadi pada anak dan mengakibatkan kerusakan pada gigi bagian depan, gigi bawah dan belakang.

Karies botol tidak bisa dianggap sepele karena bisa menjadi gangguan kesehatan yang serius. Gigi berlubang tentunya akan menimbulkan rasa sakit sehingga mengganggu kenyamanan si kecil. Adapun penyebab karies botol tentunya hampir sama dengan penyebab karies pada umumnya. Apa saja penyebabnya? Perhatikan penjelasan berikut ini.

Berikut Faktor Penyebab Karies Gigi Pada Anak

Karies gigi atau gigi kberlubang pada anak balita bisa disebabkan oleh banyak hal, terutama yang berhubungan dengan faktor makanan. Nah, berikut ini ada beberapa penyebab karies gigi pada anak yang perlu Bunda ketahui supaya si kecil terhindar dari masalah kesehatan tersebut:

  1. Faktor Bentuk Gigi

Salah satu penyebab munculnya kerusakan pada gigi anak yaitu bentuk gigi. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran dan bentuk gigi memiliki peranan penting dalam perkembangan karies gigi. Hal ini yang emnyebabkan sisa-sisa makanan lebih mudah terperangkap dan menumpuk di bagian belakang gigi. Bagian gigi yang rentan terjadi penumpukan sisa makanan yaitu gigi geraham dan gigi belakang.

  1. Jumlah Saliva

Ludah atau saliva adalah salah satu sistem pertahanan dari mulut. Fungsinya yaitu untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang terdapat pada gigi. Selain itu, saliva akan membantu melawan produksi asam serta sisa makanan yang banyak menumpuk di gigi. Jika kadar saliva semakin sedikit maka kemungkinan rentan terkena karies gigi.

  1. Faktor Waktu

Karies gigi merupakan suatu gangguan pada gigi yang membutuhkan waktu cukup lama sehingga akhirnya gigi berlubang. Nah, karies rampan adalah salah satu gangguan pada gigi dengan tingkat perkembangan yang cukup cepat.

  1. Faktor Mikroorganisme

Mikroorganisme tentunya salah satu penyebab timbulnya karies gigi. Mikroorganisme tersebut yaitu Streptococcus sobrinus dan Streptococcus mutas. Mikroorganisme ini pathogen dan menghasilkan asam perusak gigi.

  1. Perilaku Membersihkan Gigi

Kebiasaan jarang sikat gigi menjadi penyebab yang paling fatal terhadap munculnya karies gigi. Maka dari itu biasakan supaya anak menggosok gigi 2 kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.

  1. Faktor Makanan

Makanan memang menjadi peran penting yang menyebabkan kerusakan gigi. Maka dari itu hindari memberikan susu dalam botol sebelum si kecil tidur. Hal ini memicu kerusakan gigi yang lebih fatal pada anak di usia dini.

Demikian beberapa penyebab karies gigi pada anak yang perlu Anda ketahui untuk menghindari risiko kerusakan yang semakin parah.

Related Posts

Share This